Proyek Jalan Medan-Brastagi Tuntas 2013

Jumat, 02 November 2012


Kabanjahe, (Analisa). Pengerjaan proyek jalan nasional Medan-Berastagi-Kabanjahe hingga Merek, perbatasan Kabupaten Dairi dijadwalkan selesai 2013.
"Proyek perbaikan jalan di Karo 2012, belum seluruhnya tersentuh, namun untuk tahun anggaran 2013 akan dituntaskan seluruhnya, paling tidak 2014 mendatang jalan-jalan negara/nasional di Karo sudah bagus semua," ungkap anggota DPR Ir Ali Wongso Halomoan Sinaga, saat meninjau pelaksanaan pembangunan jalan negara di Kabupaten Karo, Kamis (1/11).

Dari peninjauan pelaksanaan pembangunan jalan mulai dari Medan-Berastagi, Jalan Jamin Ginting Kabanjahe, Jalan Veteran Kabanjahe, Jalan Kapten Bangsi Sembiring Kabanjahe, Jalan Tiga Panah-Merek ternyata ada salah satu jalan di Kabanjahe, yang menghubungkan dua provinsi (Sumut dan Aceh) tidak mendapat status yang jelas, yaitu Jalan Mariam Ginting Kabanjahe sepanjang 1,2 Km. 

Padahal, infrastruktur jalan tersebut sangat vital sebagai jalan yang menghubungkan ibu kota Provinsi Sumut Medan dengan Aceh Barat.

"Ini harus diperjuangkan pada 2013 untuk perbaikan. Apakah dananya dari DAK dan harus diusulkan, agar Jalan Mariam Ginting Kabanjahe diperbaiki," ungkapnya.

Menanggapi keberadaan Jalan Mariam Ginting Kabanjahe yang statusnya tidak jelas (jalan negara atau provinsi), anggota DPR itu, menghubungi Kepala Dinas PU Sumut, agar tahun mendatang mengajukan anggarannya, agar dana perbaikannya dapat ditampung tahun anggaran 2013, mengingat kondisi jalan sudah hancur, ujar anggota Komisi V DPR asal Dapem III yang satu-satunya asal Sumut itu.

Menurut anggota Komisi V bidang Pekerjaan Umum, Perhubungan, Telekomunikasi dan Perumahan Rakyat, perbaikan badan jalan kalau drainasenya tidak diperbaiki sama saja bohong. 

Cepat Rusak

Jalan Medan Brastagi misalnya, akibat drainase tidak maksimal berfungsi dampaknya jalan yang sudah bagus dibangun menjadi cepat rusak. Begitu juga tikungan jalan secara khusus harus diperhatikan, karena secara umum tikungan jalan Medan- Brastagi banyak yang rusak. "Khusus jalan Kabanjahe-Tiga Binanga-Kuta Buluh-Kuta Cane perbaikannya dilakukan secara bertahap. Pada 2013 akan kita perjuangkan penuntasannya," ujar Ketua DPP Partai Golkar itu.

Perbaikan jalan negara di Sumatera Utara 2012 ini, tidak hanya di Karo, Dairi dan Pakpak Barat saja, tetapi seluruh kabupaten/kota di Sumut yang di daerahnya ada jalan negara.

Dikatakan, pembangunan di Karo harus berwawasan lingkungan, karena daerah ini merupakan daerah penyangga bagi lima kabupaten/kota yakni Medan, Binjai, Langkat, Deliserdang, Serdang Bedagai dan Simalungun. 

"Pemerintah dan masyarakat harus secara bersama saling menjaga kelestarian lingkungannya. Sebagai anggota DPR Komisi V saya siap bekerja sama dengan Pemkab Karo untuk kemajuan daerah ini, agar infrastruktur jalan di Kabupaten Karo (Medan-Kabanjahe) menjadi bagus," ujarnya. Pemerintah setempat juga harus proaktif melakukan komunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten tetangga terdekat.



Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar