Iran Lakukan Latihan Udara Terbesar

Selasa, 13 November 2012


Dubai, (Analisa). Di saat mendapat tekanan dan ancaman dari negara Barat Iran melakukan latihan militer terbesar hingga mencakup separuh wilayah negara itu, pada Senin (12/11).
Latihan ini dilakukan kurang sepekan setelah Washington menuduh pesawat-pesawat tempurnya menembaki sebuah pesawat tak berawak AS.

Latihan perang itu dilakukan di wilayah seluas 850.000 kilometer persegi di tenggara, timur dan timurlaut Iran.

Sekitar 8.000 tentara elit dan reguler akan berpartipasi dengan dukungan pesawat-pesawat pembom dan tempur, sementara sistem-sistem rudal, artileri dan pengintai akan diujicoba, lapor berbagai media.

Didorong ketegangan tinggi antara AS dengan Iran terkait program nuklir Teheran, latihan militer "Velayat-4" itu melibatkan latihan udara terbesar yang pernah dilakukan negara Islam itu, lapor Press TV milik Iran berbahasa Inggris 

"Latihan-latihan militer ini menyampaikan pesan perdamaian dan keamanan bagi negara-negara regional," ujar Shahrokh Shahram, jurubicara latihan itu, kepada televisi tadi pada Senin. 

Pada waktu bersamaan, mereka mengirim peringatan keras kepada pihak-pihak yang mengancam Iran.

Pekan lalu, Pentagon AS mengatakan, pesawat-pesawat Iran menembaki sebuah pesawat tak berawak AS di atas wilayah perairan internasional pada 1 Nopember.

Iran mengatakan berhasil merontokkan "pesawat tak berawak musuh" yang melanggar wilayah udaranya.

Washington, Uni Eropa dan badan-badan dunia lain telah memberlakukan sanksi-sanksi terhadap perdagangan minyak Iran untuk menekan negara itu menghentikan riset nuklir yang dikhawatirkan Barat bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membuat bom nuklir.



Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar