Pertemuan Menteri Transportasi Asean Mantapkan Konektivitas 2015

Jumat, 30 November 2012


Nusa Dua, (Analisa). Pertemuan Tingkat Menteri Transportasi negara-negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN) ke-18 tengah memantapkan tujuan bersama yakni "ASEAN Connectivity" atau Konektivitas tahun 2015.
"Target kita adalah ASEAN Connectivity 2012 sudah bisa diimplementasikan, ini sudah 2012 dan 2013 nanti kita akan sampai pada kesimpulan sudah harus terealisasi di lapangan," kata Menteri Perhubungan E.E Mangindaan, di Nusa Dua, Bali, Kamis (29/11).

Menurut dia ada beberapa perjanjian di antaranya perjanjian perhubungan udara yang sedang berjalan yang dilakukan Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand yang sudah tak mengalami kendala.

"Sudah tidak ada masalah, tinggal teknis maskapai penerbangannya," katanya.

Dia mengatakan bahwa maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia sudah siap menjalankan konektivitas tersebut.

Sedangkan maskapai penerbangan lainnya seperti maskapai penerbangan swasta nasional juga diminta kesiapannya memenuhi program bersama itu.

Menurutnya kesiapan dari maskapai penerbangan juga untuk memenuhi tantangan bersama yakni kebijakan "open sky policy" atau kebijakan hubungan udara yang terbuka di kawasan ASEAN.

Mangindaan menekankan kepada maskapai penerbangan bahwa selain adanya kesiapan menyongsong ASEAN 2015, juga kesiapan untuk bersaing dengan maskapai penerbangan di kawasan ASEAN sendiri.

"Jangan sampai kita kalah, ini harus diatur. Berapa tarifnya, berapa pesawat yang bisa masuk ke Indoensia, berapa pesawat kita yang masuk ke negara lain. Ini yang harus diatur agar tidak merugikan," ujar Mangindaan



Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar