10 Negara yang "Wajib" Dikunjungi dalam 2013

Minggu, 23 Desember 2012


PERGANTIAN tahun sudah di depan mata. Mendekati pergantian tahun, tidak sedikit yang sudah menyiapkan berbagai rencana yang akan dilakukan tahun depan. Termasuk liburan.
Setiap jelang pergantian tahun, Lonely Planet selalu mengeluarkan daftar destinasi wisata terbaik. Berikut 10 negara yang menurut Lonely Planet "wajib" dikunjungi pada 2013.

1. Sri Lanka

Pada Desember 2004, Sri Langka menjadi salah satu wilayah yang terhantam gelombang Tsunami. Perang saudara yang berlangsung dari 1983 hingga 2009 pun membuat Sri Lanka menjadi negara yang berbahaya untuk dikunjungi. Banyak daerah di Sri Lanka dilarang untuk dikunjungi oleh wisatawan. 

Setelah konflik selesai, pembangunan sektor pariwisata sangat gencar. Jumlah wisatawan kian meningkat. Dengan biaya hidup terjangkau serta banyaknya penerbangan murah dari Bangkok, Sri Lanka menjadi salah satu negara tujuan wisata terbaik.

2. Montenegro

Kondisi alam di Montenegro dinilai sangat layak dinikmati. Panorama di Teluk Kotor mampu menyihir wisatawan yang datang. Aktivitas luar ruang, petualangan, dan berjalan menyusuri alam menjadi daya tarik negara Balkan ini. 

Jalur perjalanan baru terus bermunculan, begitu pun dengan jalur sepeda. Pembangunan infrastruktur membuat alam lebih mudah diakses, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi penduduk lokal.

3. Korea Selatan

Korea Selatan menjelma menjadi tujuan wisata alam terbuka. Mereka mengembangkan potensi wisata golf, pendakian, dan memancing. Meski belum banyak dipublikasikan, tidak sedikit wisatawan asing telah mengetahuinya.

4. Ekuador

Pada tahun 2013, jaringan kereta Ekuador mengalami perubahan yang sangat drastis. Jalur baru yang menghubungkan Quito dengan Guayaquil di pesisir pelabuhan dibangun. Jalur kereta baru ini juga menghubungkan Gunung Cotopaxi yang memiliki ketinggian 5.900 meter di atas permukaan laut dan Nariz del Diablo. Jalur ini disebut sebagai yang tercuram di dunia barat. 

5. Slowakia

Sekira 20 tahun dari Revolusi Velvet, Slowakia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Eropa. Bergabung dengan Uni Eropa, negara ini berada di peringkat teratas mesin pencari Google dalam pencarian paket ski murah.

6. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon akan menjadi surga bagi penikmat wisata alam yang ingin lepas dari tempat-tempat mewah. Menginap di pedesaan, menyelam, menikmati aktivitas alam, utamanya laut menjadi daya tarik utama. Dengan makin meningkatnya infrastruktur, khususnya di bidang transportasi, Kepulauan Solomon kini tidak lagi sulit dicapai.

7. Islandia

Murah, alam yang memukau pada musim apapun, keramahan penduduk, dan makanan menjadi magnet wisatawan untuk datang ke negara ini. Dengan terjadinya devaluai mata uang Krone, Islandia menjadi negara yang bersahabat dengan dompet.

8. Turki

Banyak maskapai berbiaya murah membuka penerbangan ke Turki. Layanan transportasi bus atau trem pun bisa didapatkan dengan mudah di sini. Kota tua bersejarah, Mardin dan Midyat, makanan yang eksotis di Gaziantep, dan budaya yang cantik ditawarkan negara dua benua ini. 

9. Republik Dominika

Pada kuartal pertama tahun 2012, pariwisata di Dominika meningkat mencapai 8,4 persen. Hal tersebut tidak lepas dari semakin banyaknya penerbangan yang menawarkan jalur ke Dominika. Kondisi ini semakin memudahkan wisatawan yang ingin menikmati matahari, pasir, dan laut. 

10. Madagaskar

Wisata alam memang akan menjadi tren tahun depan. Tidak heran jika Madagaskar masuk dalam salah satu destinasi terbaik. Bersiap untuk dimanja oleh keanekaragaman fauna dan alam tidak akan mengecewakan wisatawan yang datang



Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar