Karzai Sambut Baik Penarikan Pasukan Inggris dari Afghanistan

Kamis, 20 Desember 2012


Kabul, (Analisa). Presiden Afghanistan Hamid Karzai pada Kamis (20/12) menyambut baik pengumuman penarikan hampir separuh dari pasukan Inggris dari Afghanistan tahun depan.
Karzai mengatakan siap mengambil alih tanggung jawab keamanan negara.

Menurut pernyataan kantor Hamid Karzai, penarikan sebagian tadi merupakan suatu langkah "tepat" pada saat pasukan NATO menyerahkan perang melawan Taliban kepada militer Afghanistan.

PM Inggris David Cameron pada Rabu mengumumkan penarikan sekitar 3.800 tentara Inggris jelang akhir 2013, sehingga jumlahnya tinggal 5.000 personil tahun 2014. Sebagian besar pasukan NATO, termasuk pasukan dari AS akan hengkang akhir 2014.

Karzai mengatakan keputusan itu "tepat waktu" dan bersikeras bahwa negara yang menderita luka bekas perang itu siap untuk mengambil alih keamanan sendiri.

"Presiden ... menyambut pengumuman dengan mengatakan: "Pasukan nasional Afghanistan siap untuk memberikan keamanan dan membela negara mereka," kata pernyataan dari kantor Karzai.

Saat ini ada lebih 9.000 tentara Inggris yang bertugas di Afghanistan dengan pasukan NATO - pasukan terbesar kedua di negara itu setelah Amerika Serikat.

Inggris telah kehilangan 438 tentaranya di Afghanistan sejak operasi untuk menggulingkan Taliban dimulai pada Oktober 2001, menyusul serangan 9/11.

Sebagian besar pasukan Inggris ditempatkan di Provinsi Helmand selatan, salah satu medan pertempuran terberat dalam melawan Taliban. 



Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar