Sembilan Tempat di AS Diklaim Terbaik Hadapi 21-12-2012

Kamis, 20 Desember 2012


HINGGA hari ini masih banyak orang yang membicarakan tentang prediksi kiamat 21-12-2012. Coba saja ketik 2012 di mesin pencari Google, dan Anda akan menemukan hampir 8 juta tautan. Bahkan di situs YouTube, tak henti-hentinya diposting tentang nasihat untuk bertahan hidup menghadapi 21-12-2012.
Bahkan Hollywood telah beberapa kali membuat film dengan isu-isu "kiamat" dengan datangnya bencana besar dan kedatangan alien. 

Sementara itu tidak sedikit orang yang percaya dengan penanggalan Maya 21-12-2012. Mereka mulai menimbun makanan, menanam kebun, memasang panel surya, membeli amunisi, bahkan ada yang sampai membangun bunker. 

Namun ada pula yang mencari tempat-tempat terbaik untuk bertahan hidup menghadapi 21-12-2012. Berikut tempat-tempat terbaik di AS yang dilirik banyak orang yang percaya dengan "kiamat" 21-12-2012.

The Greenbrier Resort

Itu adalah sebuah resor mewah di White Sulphur Springs, W. Virginia. Tapi itu bukanlah sebuah hotel seperti yang dibayangkan, melainkan bunker besar yang dibangun di bawah tanah. 

Bunker seluas 112.544 kaki persegi itu mulai dibangun pada 1958 dan diperuntukkan buat para pejabat mengantisipasi perang nuklir. Fasilitas tersebut dibangun sekitar 720 meter di sisi bukit dan selesai pembangunannya pada 1961. Saat perang dingin, pemerintah mengisinya dengan beragam perlengkapan untuk bertahan hidup. Bunker tersebut memiliki tiga pintu masuk dan satu pintu masuk rahasia di dalam resor yang didisain untuk kuat menghadapi ledakan sebesar 25 ton. Di dalamnya juga terdapat tempat dekontaminasi, pembangkit listrik, tangki penyimpan air, klinik dengan kamar operasi, unit perawatan intensif, apotek, dan ruangan yang dapat menampung kurang lebih 1.100 orang. 

Tempat tersebut sebenarnya merupakan wilayah rahasia. Karena itu pemerintah melakukan perawatan dengan cara menyamar sebagai karyawan yang bergerak di bidang audio visual. 

Selama 30 tahun pemerintah merahasiakannya, namun The Washinton Post kemudian menulis sebuah artikel yang membuka tabir wilayah tersebut pada tahun 1992. Saat itu pemerintah kemudian mengakhiri perjanjian sewa guna dengan pihak pemilik wilayah. Kemudian wilayah tersebut dijadikan wisata bunker. 

Penampungan Vivos

Bunker di bawah tanah memang banyak dipilih untuk bertahan hidup dari banyak hal yang akan terjadi. Namun banyak bunker dibangun tidak dengan kenyamanan. Beda dengan Vivos. Dengan bayaran sebesar 5.000 dolar, Anda bisa tidur dengan nyaman.

Bunker seluas 1.300 meter persegi tersebut dibangun untuk menghadapi kemungkinan perang nuklir. Fasilitasnya terletak di wilayah Gurun Mojave. 

Pemilik fasilitas Vivos, Robert Vicino tidak mengungkapkan secara pasti letak sesungguhnya dengan alasan untuk mencegah banyak orang yang ingin masuk secara gratis ketika terjadi bencana. 

Tempat tersebut terdiri atas ruangan dengan teleisi besar, pusat kebugaran, tempat tidur nyaman dan makanan enak dengan persediaan cukup untuk satu tahun. 

Vivos dirancang untuk menahan ledakan hingga 50 megaton. Vicino mengungkapkan bunker yang dimilikinya dapat memberikan perlindungan maksimal dari sejumlah bencana besar, termasuk gunung meletus, asteroid, nuklir, senjata kimia, badai matahari.

Fasilitas tersebut terdapat 132 kamar dan setengahnya sudah dipesan. Biayanya USD5 ribu untuk dewasa, USD2.500 untuk anak-anak. Sementara hewan peliharaan tidak dipungut biaya.

Gunung Weather

Fasilitas perlindungan di gunung tersebut dibangun selama perang dingin sebagai tempat perlindungan untuk para pejabat tinggi dari bencana nasional. Di gunung tersebut terdapat sejumlah fasilitas penting untuk kelangsungngan pemerintahan Amerika Serikat. Gunung tersebut terletak di pegunungan Blue Ridge, sekira 48 mil dari Washington DC. Terdiri atas dua bagian. Di atas tanah terdapat komplek FEMA. Sementara itu terdapat ruangan di bawah tanah seluas 600 ribu meter persegi. 

Gunung Weather memiliki organisasi tersendiri, termasuk polisi dan dinas kebakaran, bahkan hukum tersendiri. Tidak ada yang pernah diizinkan untuk masuk ke dalam ruangan bawah tanah. Namun pada tahun 1991, majalah Time menuliskan artikel hasil wawancara salah satu insiyur mantan pekerja di fasilitas tadi. Dia menggambarkan, di lokasi terdapat sebuah bunker yang luas dan dilengkapi dengan pusat data komputer, pompa sirkulasi udara, sebuah studio televisi dan radio sebagai fasilitas presiden berbicara, pasca serangan nuklir. 

Akses darat dapat dilakukan melalui jalan Virginia, Rute 601. Namun Anda kemungkinan tidak berpeluang untuk masuk ke kawasan tersebut karena dijaga ketat. Kabarnya National Gallery of Art telah menyusun gambaran perjalanan menggunakan helikopter ke lokasi saat bencana terjadi. 

Silohome

Pada 1950 dan 1960-an, pemerintah AS membangun ratusan bangunan silo untuk persiapan menghadapi serangan nuklir. Namun tidak adanya serangan seperti yang diperkirakan membuat Bruce Francisco dan Gregory Gibbons mengambil alih dan membuatnya "surga" bawah tanah. 

Silohome terdapat di sebuah gunung setinggi 1.350 kaki dan menghadap ke Saranac River Vallet serta dikelilingi padang gurun yang belum tersentuh. Mereka juga membangun fasilitas pertanian, berburu dan memancing. Di atasnya, hanya ada fasilitas ruang tamu lengkap dengan perapian. Namun yang paling baik adalah fasilitas di bawah tanah. 

Dengan luas 2.300 kaki persegi, terdapat 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. 

Terdapat pula fasilitas silo dengan luas 20 ribu kaki persegi yang terhubung dengan tempat tinggal bawah tanah melalui sebuah terowongan untuk menyimpan persediaan makanan dalam bentuk kemasan dan amunisi. Anda juga dapat meminta pengembang untuk merenovasi rumah agar lebih nyaman. Harga yang ditawarkan USD2,3 juta dan pengembang hanya menerima uang tunai. 

Capitol Visitor Center

Capitol Visitor Center atau CVC merupakan bangunan bertingkat tiga seluas 580 ribu meter persegi. Bangunan tersebut dibangun di bawah tanah, di sisi timur Capitol. 

Dikabarkan, bangunan ini dirancang untuk keselamatan anggota parlemen dalam beragam kejadian bencana. Lantai bawah ini khusus diperuntukkan untuk anggota kongres dan terlarang untuk umum. 

Meski dibangun sebelum tahun 2001, namun setelah tragedi 9/11 terjadi perubahan. Bangunan ini dipercaya dapat bertahan dari serangan bom, nuklir atau senjata kimia. Tapi CVC tidak memiliki terowongan cukup besar untuk dilintasi kendaraan. Bangunan ini juga memiliki infrastruktur IT yang canggih dengan kabel serat optik.

Site R

The Raven Rock Mountain Complex, juga dikenal sebagai R Site atau "Pentagon bawah tanah," terletak kira-kira 9 mil dari Waynesboro, Pa, dan 6 kilometer dari Camp David. Dibangun pada tahun 1950 dan siap untuk digunakan dalam situasi bencana besar.

Fasilitas di R Site, secara resemi dibangun sebagai pusat kendali atau komando bawah tanah yang terdiri atas sejumlah lubang yang dapat mengakses ke permukaan tanah. Namun tidak ada keterangan pasti tentang "jeroan" di R Site.

Desas desus yang terdengar, fasilitas di bawah tanah ini sangat luas dan lengkap. Bahkan ada yang menyebutkan fasilitas itu seperti rumah kedua, lengkap dengan jalan dengan udara yang mencukupi. Dipercaya, fasilitas ini tahan terhadap ledakan nuklir dan gelombang elektromagnetik. 

Beberapa orang menyebut, bunker ini bisa dihuni hingga 3.000 orang dengan fasilitas masakan siap saji dan ruangan khusus untuk presiden. 

Meski dibangun berbarengan dengan Greenbrier dan Gunung Weather, tapi tidak banyak yang mengetahui apa yang ada di dalam Site R. Peraturan di wilayah ini sangat tegas, dilarang mengabadikan foto apapun di dalam, termasuk sketsa dan gambar.

Survival Condo

Membangun bunker mewah di bawah tanah sepertinya menjadi tren. Apalagi ada yang menyebutkan bahwa matauang tidak akan berlaku jika bencana besar terjadi. Sehingga lebih baik menghabiskan uang untuk membeli properti yang dapat berguna demi keselamatan diri dan keluarga.

Survival Condo memang dikenal sangat mahal, namun dengan fasilitas yang didapat, tentu hal tersebut sepadan. Survival Condo dibangun dengan kedalaman 200 meter di bawah permukaan tanah dan dilapisi dinding beton yang sangat kuat yang diklaim tahan dengan ledakan nuklir. Fasilitas ini juga dilengkapi panel surya, generator dan turbin angin di masing-masing kamar. 

Harga yang ditawarkan USD1,75 juta untuk satu lantai. Atau bisa juga hanya membayar USD900 ribu untuk setengah lantai. 

Di dalam fasilitas ini juga terdapat sejumlah peralatan bermerek, perlengkapan mandi dan jacuzzi. Terdapat pula kolam renang ukuran besar, spa, ruang kebugaran, perpustakaan, dan bioskop. Makanan diet organik juga disediakan. 

Pemilik fasilitas, Larry Hall menjanjikan, silo tersebut akan memiliki sistem keamanan kelas militer, lengkap dengan kemampuan pertahanan yang mematikan. 

Gunung Cheyenne

Kawasan Gunung Cheyenne adalah salah satu fasilitas milik pemerintah yang dibangun di sisi gunung tersebut selama perang dingin. Terdapat di luar Colorado Springs. Fasilitasnya terdapat beberapa ruangan (rumah) bagi para pejabat pemerintah, termasuk NORAD (North American Aerospace Defense Command). 

Sebuah terowongan telah dirancang untuk mengatasi gelombang kejut dalam sebuah ledakan sebesar 25 pon.

Fasilitas di Gunung Cheyenne memungkinkan para penghuninya terlindung dari nuklir dan senjata biologis serta gempa besar. Terdapat saluran yang memurnikan udara dengan saringan canggih untuk menyaring patogen berbahaya, partikel kimia dan bahan radioaktif. 

Terdapat saluran listrik dari Colorado Springs, dibantu dengan enam generator diesel kapasitas 1.750 kilowatt untuk cadangan. Terdapat pula pasokan air dengan jumlah besar di bawah tanah, bahkan air yang tersimpan di waduk dapat menampung 1,5 juta galon air. 

Bungker di sekitar rumah

Mungkin Anda pernah melihat salah satu tetangga membangun bunker tersendiri. Bantu mereka dengan memberikan sejumlah saran, termasuk membawa bibit tanaman ke dalam bunker tersebut.

Untuk mempermudah, lebih baik membangun bunker bersama-sama di sekitar rumah. Siapkan generator diesel dan sejumlah makanan dalam kemasan. Keuntungannya, jika terjadi sesuatu, Anda akan mudah menjangkau ke bunker tersebut.  (bsc/jpc-bh)


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar