Jet Tempur China Berhasil Lakukan Pendaratan Pertama di Kapal Induk Liaoning

Minggu, 25 November 2012

Beijing, (Analisa). China melakukan pendaratan pertama jet tempur di kapal induk barunya. Jet tempur J-15 buatan China berhasil mendarat di Liaoning, bekas kapal induk Sovyet, dalam pelatihan belum lama ini, kata Kementerian Pertahanan Chian dalam laporan Minggu (25/11), menyangkut tes penerbangan itu.
Liaoning mulai aktif pada September dalam satu tonggak bersejarah simbolis bagi kemampuan militer China, yang meningkat saat Beijing menghadapi serangkaian sengketa wilayah dengan negara-negara tetangganya.

China membeli kapal induk itu dari Ukraina hampir 10 tahun lalu dan memperbaruinya di pelabuhan Dalian, daerah timur-laut negara itu.

Konstruksi kapal yang dulu bernama Varyag itu diawasi oleh bekas Uni Sovyet lebih dari 20 tahun lalu, tetapi pengerjaan itu terhenti setelah blok Sovyet ambruk secara tiba-tiba.

Selama tes baru-baru ini, teknologi kabel pendaratan digunakan, kata kementerian itu tanpa merinci lebih jauh.

Tinggal landas jet tempur J-15 itu juga berhasil, tambahnya.

Sejak kapal induk itu beroperasi, para awak telah menyelesaikan lebih dari 100 pelatihan dan program-program tes, kata kementerian itu.

Liaoning -- kapal induk yang diambil dari nama propinsi timur laut yang termasuk Dalian -- diperkirakan akan beroperasi penuh selama setidaknya tiga tahun.

China juga akan membangun satu kapal induk bata dalam negeri pada masa depan.

Tahun lalu, China menjadi semakin agresif dalam mengklaim wilayah maritimnya sementara kekuatan ekonomi dan militer meningkat, yang menimbulkan kegusaran negara tetangganya.

Ketegangan di Laut China Timur meningkat dalam beberapa bulan belakangan ini menyangkut kepulauan yang disebut Tokio sebagai Senkaku dan China menamakannya Diaoyu.

China terlibat pertikaian yang sama dengan Vietnam dan Pilipina di perairan Laut China Selatan. 



Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar