Produksi Mobil Tahun 2013 Satu Juta Unit

Senin, 12 November 2012


Solo,(Analisa). Direktur Produksi Alat Transportasi, Kementerian Perinduatrian Suprianto mengatakan, produksi mobil baru di tanah air untuk tahun 2013 ditargetkan sebanyak satu juta unit.
Peluang mobil Esemka untuk meraih pangsa pasar tersebut masih terbuka lebar, kata Direktur Produksi Alat Transportasi Kementerian Perindustrian Suprianto, ketika peluncuran perdana mobil Esemka type SUV dan type pick up Bima di Technopark Solo, Sabtu (10/11).

Mobil Esemka type SUV Rajawali dan Type Pick up Bima telah lolos dalam uji coba dan kedua mobil ini bisa dipasarkan untuk umum. 

"Kedua mobil ini sekarang telah lolos uji coba dan berhak bisa mendapatkan STNK. Untuk itu juga bisa dipasarkan untuk masyarakat, silahkan bagi masyarakat yang mau beli mobil karya anak bangsa ini," katanya.

Menyinggung mengenai mobil-mobil lainnya yang diajukan dalam uji di Kementerian perindustrian, ia mengatakan, masih dalam proses untuk lainnya. 

"Ya sementara ini yang telah lolos uji baru dua mobil tersebut," katanya.

Direktur Produksi PT Solo Manufaktur, Djoko Sutrisno mengatakan, sampai sekarang yang sudah mengontak pesan mobil Esemka sebanyak 10.000 unit, tetapi yang sudah kasih uang muka baru 400 unit. 

"Seusai peluncuran tadi ada 14 orang yang telah pesan langsung untuk mobil Esemka dan mereka juga langsung memberikan uang tanda jadi masing-masing Rp2juta," kata Djoko Sutrisno sambil menambahkan bahwa produksi mobil Esemka setiap bulannya sementara ini mencapai 100 unit.

Menyinggung mengenai masalah harga, ia mengatakan untuk mobil Esemka type SUV Rajawali tahap pertama Rp100 juta per unit, tetapi ini terbatas dan nantinya akan menjadi Rp145 juta/unit. Hal ini terkait harga komponen yang terus naik, sedangkan mobil Esemka type pick up Bima Rp65 juta per unit.

Dua mobil yang telah dipasarkan untuk umum karya dari para anak bangsa ini 60 persen menggunakan komponen lokal. "Kami juga terus berusaha akan terus mengurangi ketergantungan komponen-komponen yang berasal dari produk luar negeri," katanya.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dalam meresmikan peluncuran mobil Esemka tersebut mengatakan, apa yang diraih ini juga memerlukan perjuangan yang luar biasa. 

"Ya kalau pendahulu kita berjuang untuk meraih kemerdekaan, dan generasi sekarang berjuang untuk mengisi kemerdekaan". 

Ia mengatakan untuk itu para generasi muda yang ada sekarang jangan putus asa, sebenarnya kalau semua mau bekerja keras apa yang diinginkan itu akan bisa tercapai. Seperti halnya anak-anak pelajar SMK di tanah air ternyata juga bisa mewujudkan impiannya untuk membuat mobil sendiri


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar