Ahok: Jakarta Akan Punya Railbus yang Bisa Di-‘charge’

Jumat, 02 November 2012


Jakarta, (Analisa). Salah satu janji kampanye Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) adalah membangun sistem transportasi massal seperti trem atau railbus. Sepertinya janji itu akan segera diwujudkan. Pemprov DKI saat ini sedang bersiap untuk membangun railbus yang canggih dengan sumber energi baterai yang bisa di-charge.
"Pengertian trem itu kan menggunakan listrik. Jadi Pak Gubernur inginkan seperti railbus. Kalau yang di Solo kan pakai solar, ini ada teknologi baru, railbusnya sama, tapi nggak pakai listrik. Kalau jalur sepanjang itu dipakaikan railbus kan nanti Jakarta jadi berantakan, jelek dong nanti kotanya," kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (1/11).

Teknologi baru yang dimaksud Ahok adalah railbus yang bisa di-charge. Sumber energi dari railbus yang dibuat PT INKA itu adalah baterai yang bisa di-charge hanya dalam waktu 20 detik. "Sekarang sudah ada teknologi baru, hanya butuh 20 detik di-charge. Tapi kita belum lihat sih bentuknya seperti apa," ujarnya.

"Nanti kalau railbus itu bisa sampai terminalnya di-charge lagi 20 detik. Jadi penge-charge-an itu di setiap terminal," tambahnya.

Namun lokasi penempatan railbus belum ditentukan. Ada kemungkinan railbus akan ditempatkan di beberapa jalur padat yang ada di Jakarta.

"(Penempatan) itu yang sedang dikaji. Sementara kita ada beberapa jalur bus yang padat, nanti akan diganti dengan railbus. Cuma pembangunannya mudah kok, dengan menanam besi kemudian langsung bisa dipakai. Ini juga berdampingan dengan mobil, jadi tidak mengganggu lalu lintas dan ini bisa beriringan dengan kendaraan lain," papar Ahok.

Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar