Badai Sandy Untungkan Obama

Jumat, 02 November 2012


Washington, (Analisa). Presiden Obama mendapat kritik dari Capres partai Republik Mitt Romney terkait badai Sandy yang menghantam wilayah Pantai Timur AS selama tiga hari, Kamis (1/11), lima hari lagi jelang Hari Pemilihan.
Jajak pendapat menunjukkan Obama unggul tipis dalam pertarungan atas sembilan negara bagian yang diharapkan dapat mendulang suara yang keduanya yakini sama-sama berpeluang. Presiden AS tidak dipilih menurut suara di seluruh penjuru AS, melainkan pertarungan per-negara bagian.

Penasehat presiden menegaskan masa istirahat yang diambil Obama selama kampanye demi memantau tanggap darurat pemerintah federal atas badai super guna meminimalisir dampak. Meskipun terdapat perbedaan pandangan, hal ini membuka Obama satu peluang untuk memberikan kenyamanan dan kepemimpinan dari sebuah krisis.

Presiden Barack Obama, Rabu (31/10), menjanjikan bantuan cepat dan berlanjut buat warga yang jadi korban Badai Sandy, saat ia mengunjungi Negara Bagian New Jersey untuk melihat langsung kerusakan akibat badai super itu.

Ketika berbicara di satu dermaga di Kota Pulau Bringantine, New Jersey, Obama memberitahu korban badai di sana, "Kami berada di sini bersama kalian. Kami takkan lupa. Kami akan memastikan kalian mendapat semua bantuan yang kalian perlukan untuk membangun kembali."

Presiden AS tersebut menekankan pemerintah federal memusatkan perhatian pada bantuan buat negara bagian yang paling parah diterjang badai, termasuk New Jersey, New York dan Connecticut.

"Kami takkan berhenti, sampai ini terlaksana," kata Obama.

Sebelum mengeluarkan pernyataan tersebut, Obama melakukan perjalanan udara ke beberapa daerah yang mengalami kerusakan paling parah akibat Badai Sandy. Ia ditemani oleh Gubernur New Jersey Chris Christie dan Administratur Federal Emergency Management Agency (FEMA) Craig Fugate, kata Gedung Putih.

Presiden itu tiba pada Rabu pagi di Atlantic City, tempat badai tersebut menghantam pada Senin malam (29/10).

Setelah naik helikopter, Obama dan para pejabat mengunjungi korban badai yang ditampung di satu pusat penampungan masyarakat di Brigantine, sebelah timur-laut Atlantic City.

Obama berjanji kepada korban badai bantuan federal akan tiba untuk "jangka panjang". Ia juga memuji Gubernur Christie, yang ia katakan "bekerja lembur" guna menanggapi bencana tersebut.

"Seluruh negeri ini telah menyaksikan apa yang terjadi. Setiap orang tahu betapa berat Jersey telah diterjang badai," kata Obama. Ia menyatakan prioritas pertama ialah mengembalikan pasokan listrik.

Christie, dari Republik, juga memuji Obama, dan menyatakan "betapa penting presiden Amerika Serikat ada di sini". 


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar