Sumut Harus Rebut Momentum Kebangkitan ASEAN 2015

Jumat, 05 Oktober 2012


Serdang Bedagai,(Analisa). Segenap warga Sumatera Utara (Sumut) harus meningkatkan kompetensi masing-masing untuk ikut berperan merebut momentum kebangkitan negara-negara ASEAN pada tahun 2015 ditandai pergerakan arus modal dan aspek budaya yang menyentuh berbagai sisi kehidupan.
Ajakan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST pada acara Halalbihalal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumut di Theme Park Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (15/9/2012).

Hadir saat itu Penasehat PWI Pusat H Sofjan Lubis, Anggota DPD-RI Parlindungan Purba SH MM, Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir HT Erry Nuradi MSi, Anggota DPRD Sumut Nurhasanah S.Sos, Kadis Kominfo Provsu DR H Asren Nasution MA, Kepala Badan Kesbangpol Linmas Drs H Eddy Syofian MAP, Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Heru Prakoso, Kahubdam I/BB Kolonel Nurcahyo Utomo, Staf Ahli Bupati Sergai Drs Rahmad Karo-karo, Kadis Infokom Deli Serdang Drs Naken Ketaren, dan undangan lainnya.

Menurut Plt Gubsu, untuk merebut momentum kebangkitan komunitas ASEAN itu, masyarakat Sumut harus tampil sebagai pemain yang unggul.

Hal itu bisa dimulai dari diri sendiri untuk selanjutnya secara bersama-sama meraih momen kebangkitan ASEAN itu. Apalagi usia produktif masyarakat Indonesia sudah lebih baik dari negara-negara yang telah lebih dulu maju.

"Momentum ini harus kita rebut karena hanya datang satu kali," tegas Gatot.

Sementara Bupati Kabupaten Sergai Ir HT Erry Nuradi MSi mengatakan, Pers sebagai pilar keempat dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif, perlu secara terus-menerus menumbuh-kembangkan semangat dan nilai-nilai kebersamaan sesama anak bangsa.

"Dengan semangat kebersamaan tersebut, insya Allah upaya kita bersama untuk meraih masa depan yang lebih baik akan dapat kita capai," kata Erry seraya mengucapkan terimakasih kepada PWI Cabang Sumut yang telah memilih dan menetapkan Kabupaten Sergai sebagai tuan rumah Halalbihalal maupun kegiatan silaturahmi keluarga besar PWI se Sumut untuk yang ketiga kalinya di kawasan wisata Pantai Cermin.

Jaga kepercayaan

Penasehat PWI Pusat H Sofjan Lubis mengajak segenap anggota PWI untuk senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat melalui sikap profesionalisme yang tinggi. Melalui kesadaran ini diharapkan tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat diantarkan ke arah yang lebih baik.

Menurut Sofjan Lubis, kepercayaan masyarakat terhadap Pers harus terus dirawat. Tidak saja oleh para pengelola media massa dan organisasi kewartawanan seperti PWI, tapi oleh seluruh elemen masyarakat. Karena Pers dengan kemerdekaannya yang dijamin dalam UU No.40 Tahun 1999 merupakan milik rakyat.

Dikatakan, upaya Dewan Pers memberlakukan standar kompetensi bagi wartawan tidak lebih untuk menjaga agar profesionalisme wartawan benar-benar ditegakkan dan tidak disusupi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Sepanjang seseorang itu benar-benar wartawan, uji kompetensi apapun yang dilaksanakan tetap akan dapat dilalui," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua PWI Sumut Drs. Muhammad Syahrir memberi apresiasi kepada masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sergai yang telah menyambut keluarga besar PWI Sumut dengan penuh sukacita.

Diharapkan, Pemkab Sergai masih berkenan menjadi tuan rumah event-event selanjutnya yang akan digelar PWI Cabang Sumut.

Suasana Halalbihalal PWI Sumut berlangsung penuh sukacita. Selain mendapat suguhan hiburan dari penyanyi Ona Sutra dan keluarga, juga disemarakkan doorprize memperebutkan puluhan hadiah berupa televisi plasma/LCD serta Handphone Black Berry


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar