Listrik PJU Kota Malang diganti solar cell

Jumat, 19 Oktober 2012

Malang (ANTARA News) - Listrik untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) yang terpasang di sejumlah titik jalan protokol di Kota Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat ini akan diganti dengan solar cell (tenaga surya).
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Wasto mengatakan untuk tahap awal penggunaan solar cell PJU itu ada tujuh titik yang menjadi prioritas di Jalan Veteran karena jalan tersebut akan dijadikan Ijen II (taman kota).

"Memang penggunaan solar cell ini nantinya tidak hanya untuk PJU di Jalan Veteran yang berubah menjadi taman kota saja, tapi nantinya juga digunakan untuk penerangan di bagian umum pemkot yang ada di lingkungan Balai Kota Malang," tegasnya.

Ia mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait sudah melakukan pembahasan dan saat ini proses pengadaan solar cell tersebut masih dalam proses lelang dengan dana sekitar Rp200 juta.

Sebelumnya Asisten Deputi Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Sudirman menyarankan agar Kota Malang segera melakukan perubahan terhadap penggunaan energi listrik untuk PJU-nya dari listrik yang dipasok dari PLN menjadi solar cell.

Sebab, katanya, solar cell bisa menekan efek buruk terhadap rumah kaca yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon. "Kita harus mencari energi alternatif yang ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan energi listrik saat ini," tegasnya.

PJU yang sudah menggunakan solar cell di Jatim adalah Tulungagung. Dan, Kota Malang diharapkan segera menyusul daerah tersebut.




Sumber : Andalas

0 komentar:

Posting Komentar