Tempat Makan-makan Enak di Medan

Rabu, 31 Oktober 2012


Medan merupakan kota yang majemuk. Keberagaman etnik dan budaya masyarakatnya itu tercermin dari sajian makanan yang beraneka ragam. Kelebihan ini memberi dampak positif karena citarasa makanan khasnya dapat dinikmati oleh lidah setiap orang, sekalipun mereka adalah masyarakat pendatang.
Anugerah ini dimanfaatkan betul oleh masyarakatnya. Hampir di setiap sudut kota ditemui tempat jajanan yang ajep-ajep dengan konsep-konsep yang istimewa pula. Berikut ini aku sajikan tempat-tempat makan enak yang selalu menjadi pilihan para pelancong. Yang perlu dicatat, apa yang kami sajikan di sini tidak mewakili seluruh tempat yang ada di Medan.Karena Medan adalah surganya makan enak.
Merdeka Walk
Merdeka Walk merupakan salah satu objek wisata kuliner yang menawarkan konsep food, fun and leisure. Di sini Anda akan makan di udara terbuka, di bawah langit cerah penuh bintang dan bulan sedang purnama. Keistimewaan tempat ini karena tepat di jantungnya Kota Medan, Lapangan Merdeka.
Penataannya yang modern plus suasana asri dan sejuk karena masih terjaganya kelestarian pepohonan yang tumbuh di sekitarnya, akan membuat Anda betah berlama-lama sembari menikmati sajian aneka hidangan mulai dari Chinese food, Western Food maupun Tradisional Food.
Tip Top Restoran
Sebuah kerugian besar melewatkan tempat ini saat berkunjung ke Medan. Karena Tip top Restourant termasuk bagian dari sejarah Kota Medan. Sejak berdiri tahun 1929, Tip top restaurant sampai kini tetap mempertahankan fisik bangunan dan menu-menu andalan mereka.
Berada di Jalan Ahmad Yani, sebuah kawasan yang masih dipenuhi dengan bangunan-bangunan abad ke-20, Anda akan dibawa ke nuansa Medan tempo doeloe. Tak heran kalau Tip top restoran selalu jadi pilihan utama para pelancong dari Eropa dan Asia.
Seafood
Banyak yang bilang Seafood Medan tak terlukiskan kelezatannya. Makanya, menu yang satu ini selalu ada di setiap hotel, mall, resto bahkan sampai jajanan pinggir jalan.Sejumlah lokasi yang kerap dikunjungi antara lain Rumah Makan Waringin, yang berada di Jalan Waringin (sebelah Hotel Best Western Asean), kompleks perumahan Cemara Asri, Jalan Cemara, Deliserdang atau di Ocean Pacific Beach & Seafood Restaurant, Jl. Ujung Baru Gabion, Belawan
Keistimewaan makan Seafood di sini karena lokasinya berada di pinggir laut sehingga sembari mencicipi kelezataan seafood Anda juga dapat menikmati panorama laut Belawan.

Tradisional Taste
Kelezatan makanan tradisional Sumatera Utara, “lang terkatakan”. Lemak, pedas, manis atau perpaduan antar ketiganya. Mau makan soto yang paling enak di Rumah Makan Sinar Pagi, Jalan Sei Deli milik Ibu H. Yurdanis. Mau cari menu khas Mandailing silahkan berkunjung ke Rumah Makan Padang Sidempuan di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Juanda Baru dan Jalan Letda Sudjono.
Makanan khas Karo/Batak tersebar di sepanjang jalan Jamin Ginting Medan atau kawasan Padang Bulan, Medan. Makanan khas India (kawasan Jalan Zainul Arifin (Kampung Keling /Kampung Madras) yang tak jauh dari Sun Plaza.
Sementara untuk mencicipi menu khas Melayu ringankanlah kaki Anda ke Rumah Makan Serai Wangi, Jalan Sultan Hasanuddin No 28/44 Medan.
Durian
Finally, the best culinary from Medan is Durian. Yup, buah berduri asal Medan ini memang terkenal seantero negeri. Harga pun murah. Antara 5000 rupiah hingga 10 ribu saja. Nah, untuk menikmati rasa buah yang pahit manis ini Anda tak perlu repot karena banyak terdapat di sejumlah ruas jalan Kota Medan. Namun tempat yang paling pavorit antara lain:
1. Jalan Iskandar Muda (Pasar Pringgan)
2. Seputaran Jalan Abdul Haris Nasution ( Asrama Haji). Bahkan di kawasan ini Anda bisa menikmati kelezatan es kolak durian.
3. Jalan Adam Malik ( seputaran Hotel Asean)
4. Jalan Sumatera.
5. Jalan Bogor di persimpangan Jalan Semarang.
6. Jalan Gatot Subroto ( daerah Kampung Lalang)
7. Jalan Krakatau
8. Jalan Pelajar. Ini centra durian. Puluhan mobil pick up loading buah durian dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Para pedagang durian umumnya mengambil durian dari sini sebelum dijual kembali.

0 komentar:

Posting Komentar