Umat Buddha di Medan Masih Berkesempatan Persembahkan Dana Kathina

Minggu, 21 Oktober 2012


Medan, (Analisa). Umat Buddha di Medan masih berkesempatan mempersembahkan dana untuk Sangha (Persamuhan para Bhikkhu-Bhikkhuni) di penghujung bulan suci Kathina yang telah dimulai Rabu (12/10) yang lalu.
Demikian dikatakan Peter Fang selaku Ketua Persamuhan Umat Buddha Viriyadhika (PUBV) yakni unit terkecil dari pembinaan umat Majelis Buddhayana Indonesia ( MBI) Kota Medan yang akan menggelar Upacara Sangha-Dana Bulan Kathina - Dharma for Family pada Minggu (6/11), pukul 09.00 – 11.00 WIB di Kampus Mikroskil Jalan Thamrin, Medan.

Bagi umat Buddha yang belum sempat menyerahkan dana Kathina hingga saat ini dapat memanfaatkan peluang tersebut menjelang usainya bulan Kathina, terang Peter.

Sementara itu ia juga menjelaskan Dharma for Family adalah program pelayanan Dharma untuk Keluarga Buddhis di setiap Minggu pukul 10.00 – 12.00 WIB dengan konsep 3-1 di mana orang dewasa dapat memperoleh penyegaran rohani melalui Dharma Talk, kalangan pemuda dan remaja bisa berdiskusi Dharma, anak-anak dapat mengikuti Gelanggang Anak-anak Buddhis yang mengenalkan Dharma lewat bercerita, bermain dan bernyanyi, kesemuanya pada satu tempat dan satu waktu.

Di bagian lain Peter mengisahkan awal dimulainya Kathina diperingati ketika itu di India Utara akan memasuki masa Vassa atau masa penghujan selama tiga bulan setiap tahun.

Selama itu para Bhikkhu tidak melakukan perjalanan untuk menghindari merusak atau menginjak tunas-tunas tanaman termasuk kemungkinan mengganggu kehidupan makhluk hidup yang lain.

Mereka hanya berdiam di Vihara dengan melaksanakan latihan diri dengan intensif dan mematuhi peraturan kebhikkhuan atau Vinaya.

Pada akhir masa vassa diadakan pavarana yaitu upacara penutupan masa vassa. Hari berikutnya selama satu bulan dapat dipilih satu hari untuk menyelenggarakan upacara Kathina. Upacara ini dapat digelar apabila di suatu Vihara terdapat paling sedikit empat orang Bhikkhu yang menjalani masa vassa secara sempurna. Bila tidak terpenuhi, umat dapat mengadakan upacara "Sangha-dana di masa Kathina" Pada kesempatan ini kita mempersembahkan dana empat kebutuhan pokok dari Sangha, dapat berupa jubah, makanan, obat-obatan maupun perlengkapan tempat tinggal, sehingga hari Kathina sering juga dikenal dengan Hari Sangha, papar Peter.

Ungkapan terima kasih

Upacara yang lebih tepat disebut sebagai Sangha-dana ini juga merupakan ungkapan terima kasih kepada para Bhikkhu yang telah selesai menjalani masa vassa dan akan kembali ke tengah-tengah umat melanjutkan aktivitas pembabaran Dharma.

Selain menitik-beratkan pada persembahan dana, acara ini juga diisi dengan puja bhakti, wejangan Dharma, pemberkahan air suci dan nyanyian lagu-lagu Kathina maupun hymne untuk Sangha. Menurut rencana acara ini akan dihadiri sedikitnya lima orang Bhikkhu.

Pada kesempatan ini Peter beserta seluruh unsur keluarga besar PUBV mengajak seluruh lapisan umat Buddha di Medan untuk hadir langsung pada hari itu mempersembahkan kathina dana kepada anggota Sangha.

Betapa suatu berkah mulia bila berkesempatan berdana untuk para Bhikkhu di bulan suci Kathina apalagi berdana secara tulus seperti yang disebutkan dalam paritta Nidhikkhanda Sutta, kita telah melakukan penimbunan harta yang sejati.

Para umat Buddha di daerah ini yang memerlukan informasi dapat menghubungi Sekretariat PUBV di Jalan Bambu II, Kompleks Graha Niaga Blok A No. 2 Medan.


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar