Penting!! Tips Mengatasi Serangan Anjing

Kamis, 25 Oktober 2012



Hal ini mungkin pernah terjadi pada anda, saat anda sedang berjalan atau bersepeda di lingkungan rumah kemudian tiba-tiba muncul anjing yang tidak dikenal melintasi jalan anda. Anjing itu mungkin akan menggonggong, mengeram, dan mungkin malah akan menggigit anda. Hal seperti ini sering terjadi. Anjing kecil bahkan bisa membahayakan jika mereka merasa terancam dan hampir setiap anjing bisa menimbulkan gigitan yang menyakitkan. Di Amerika, 5 juta orang digigit oleh anjing setiap tahun dan 1000 orang yang dibawa ke ruang gawat darurat setiap hari akibat digigit anjing. Kebanyakan korbannya adalah anak kecil dan setengah dari mereka digigit pada wajahnya. Jika anjing menyerang anda atau anak anda, respon anda sangatlah penting. Respon anda yang bisa membawa anda selamat tanpa terluka atau bahkan terluka parah.

Langkah-langkah yang harus dilakukan saat menghadapi serangan anjing :

1. Mengambil tindakan pencegahan terhadap serangan anjing. Sebagian besar serangan anjing adalah hasil dari kandang yang kurang memadai, tidak adanya/kurangnya latihan yang diberikan atau mendapat pemilik yang buruk. Sayangnya, dunia tidak akan terbebas dari pemilik anjing yang buruk sehingga baiknya bagi kita untuk bersiap. Hati nurani pasti mengatakan untuk tidak memperlakukan setiap hewan dengan buruk karena itu sebaiknya ajari anak anda untuk tidak melakukan hal yang sama. 

a user uploaded image

  • Hindari tersenyum kepada anjing. Anda mungkin ingin memperlihatkan wajah yang bersahabat, tetapi anjing yang agresif akan melihat senyum anda justru seperti memperlihatkan gigi anda untuk berkelahi.
  • Anjing yang dirantai atau diikat disatu tempat untuk jangka waktu yang lama mungkin akan lebih agresif, sehingga jangan mendekat ke dalam jangkauan mereka. 
2. Melihat tanda-tanda peringatan. Sebagian besar anjing tidak agresif tetapi lebih kepada rasa penasaran atau ingin mempertahankan apa yang mereka anggap sebagai wilayah kekuasaan mereka. Hal ini penting untuk mengetahui apakah anjing hanya bermain atau memang sedang agresif. Sementara ada beberapa jenis anjing ada yang dikenal ganas, anjing dengan jenis berukuran sedang dan besar bisa membahayakan seperti jenis poodle atau terrier, jadi jangan mengabaikan tanda-tanda peringatan karena anda mungkin berpikir bahwa jenis anjing tertentu tidak berbahaya atau bersahabat.

a user uploaded image

  • Jika anjing mendekati anda dengan kepala terangkat tinggi atau rendah, itu mungkin tidak akan menyerang. Anjing dengan kepala yang lurus ke depan atau tidak berada dalam 2 posisi yang disebutkan tadi bisa berarti hal yang serius. 
  • Ekor yang bergoyang-goyang berarti anjing sedang senang dan memperhatikan anda. Sedangkan ekor yang stabil bisa berarti hal yang serius.
3. Membloking. Anda perlu untuk membloking jika gerakan anjing sudah tampak dominan dan jangan pernah ragu-ragu! karena anjing akan melihat itu sebagai tanda dari kelemahan. Jika anjing lambat laun menjadi sulit untuk dijinakkan dan mulai mengeram. Gunakan kaki anda, tongkat, atau sesuatu yang ada disekitar anda yang cukup untuk menahan anjing agar tidak menjangkau anda.

a user uploaded image

4. Tetap tenang. Ada benarnya juga kalau anjing dan hewan lainnya bisa merasakan energi ketakutan. Jika anda panik, anda dapat membuat anjing merasa lebih percaya diri dalam serangannya atau mungkin anda juga bisa terlihat membahayakan bagi anjing. Kedua situasi tersebut sama-sama membahayakan.- Mengendalikan situasi. Ingat, kebanyakan anjing takluk dengan manusia. Sebuah perintah "Down" atau "Go Home!" mungkin dapat menghentikan serangan sesaat dan memberikan anda waktu untuk mundur menjauh.

a user uploaded image

  • Jangan pernah lari. Berlari kabur malah akan membangkitkan naluri anjing untuk mengejar dan menangkap, dan dia mungkin akan mengajar anda dengan penuh semangat bahkan meskipun mungkin niat awalnya hanya untuk bermain-main. Selain itu, anda tidak akan pernah menang kabur dari anjing dengan berlari. Bahkan jika anda bersepeda, kemungkinan besar anda tidak akan dapat berlari lebih kencang dari anjing.
  • Posisikan diri anda dalam posisi yang tidak mengancam bagi anjing. Anjing akan mengganggap bahwa anda bersiap untuk menyerang jika anda berhadapan dengannya dan membuat kontak mata. Lebih baik, berdiri di samping anjing dan menjaga agar anjing tetap berada dalam penglihatan anda karena hal ini akan memberi sinyal kepada anjing bahwa anda bukan ancaman. Jika bisa, lipat kedua tangan anda untuk melindungi tangan. Jika anda berada dalam posisi yang tidak memungkinkan untuk membuat gerakan mendadak, maka posisi tangan anda tetap dibawah dan tetap disamping anda dengan tangan mengepal untuk melindungi jari anda. 
  • Tahan posisi anda. Anjing memiliki rentang waktu perhatian yang singkat. Seringkali setelah beberapa kali menggonggong, anjing akan hilang minatnya dan pergi. Jangan bersikap seperti ancaman bagi anjing dan jangan membuka tangan dan mengangkat lengan atau anda bisa tergigit. Kepalkan jari tangan anda untuk menghindari  tergigit. Anjing mungkin akan menghampiri anda cukup dekat, bahkan mengendus anda, tanpa menggigit.
  • Kecuali dilatih untuk menyerang titik-titik tertentu, anjing biasanya akan menyerang benda yang melekat pada manusia sebagai bagian dari manusia . Melepaskan jaket atau baju kaos anda agar anjing menggigitnya akan memberikan waktu dan memungkinkan anda untuk pergi menjauh. Membuka payung antara anda dan anjing juga adalah cara yang baik karena akan membuat anjing bingung dan mengalihkan perhatiannya. 
  • Jika anjing berhasil menggigit anda dan menggoyangkan luka anda semakin parah, maka melawan balik adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan. Jika anda tidak bisa lolos dari cengkramannya, gunakan seluruh berat tubuh anda diatas tubuh anjing dengan lutut atau siku anda. Anjing tidak bisa bergulat dan anda akan mematahkan tulang mereka cukup cepat. 
  • Konsentrasikan pada area-area seperti tenggorokan atau tulang rusuk sambil menjaga jarak agar wajah anda tidak tercakar atau tergigit.
  • Jika Anda mencari cara yang lebih manusiawi untuk dapat mengatasi hal itu, caranya adalah dengan mengangkangi anjing dari belakang, lalu timpa dengan tubuh Anda ke arah depan dan menekan bagian belakang lehernya, agar si anjing tidak dapat bergerak sampai bantuan datang serta si anjing juga tidak dapat mengigit Anda.
  • Jika menghadapi beberapa anjing, pukul bagian mata, hidung dan bagian kaki terbukti cara paling efektif untuk menghentikan serangan. Dalam kawanan anjing, mereka biasa untuk menyerang dalam group. Jangan menendang atau menyerang anjing dengan tangan atau kaki jika memang Anda sudah terlatih untuk melakukannya dengan cepat, karena jika Anda telat, maka anjing akan menggigit kaki Anda terlebih dahulu. Melempar batu dan puing-puing juga dapat mencegah segerombolan anjing tepat sebelum serangan dimulai.
  • Jika anjing berhasil menggigit kaki atau leher seseorang atau hewan lain, angkatlah kedua kaki belakangnya untuk mencegah anjing untuk menarik yang menyebabkan luka menjadi lebih parah atau bahkan robek.
  • Usahakan selimuti atau tutup kepala anjing dengan jaket atau kain, hal ini bisa membuat mereka melepaskan gigitannya.
  • Semprot anjing dengan tekanan air yang besar atau bisa juga dengan semprotan angin.
5. Jika anjing menggigit orang lain, jangan menarik korban pergi karena bisa memperparah lukanya. Cari tongkat besar dan pukul bagian belakang leher anjing. Anda juga bisa coba menggunakan benda yang panjang dan memasukkannya ke dalam mulut anjing secara horizontal. Dorong benda tersebut sampai masuk ke tenggorokan anjing. Jika anda memiliki waktu, bungkus lengan anda dengan kaos atau jaket terlebih dulu. 

a user uploaded image
  • Jangan memukul anjing besar di kepalanya. Anjing jenis besar terutama jenis Mastiff memiliki tengkorak yang sangat tebal dan anda hanya akan membuatnya marah. Satu-satunya tempat untuk memukul anjing besar yang mungkin bisa berpengaruh adalah bagian belakang leher di pangkal tengkoraknya atau di hidungnya yang sensitif.
6. Mundur perlahan-lahan dan tinggalkan area ketika anjing sudah terlihat tidak tertarik dengan anda. Tetap tenang dan diam mungkin bisa menjadi hal yang menakutkan bagi anda dalam situasi ini, tetapi itu adalah hal terbaik yang bisa anda lakukan asalkan anda tidak terkena gigit.

a user uploaded image
7. Jika anjing berniat menyerang anda dan anda tidak memiliki sesuatu untuk digunakan melawan anjing di dekat anda, maka cobalah untuk menghindarinya dan raih bagian lehernya dengan tangan anda, menjaga kepalanya berada jauh dari anda. Pada posisi ini anjing tidak bisa menggigit anda. Jika anda tidak bisa menghindari mulut anjing, hindari luka yang serius dengan meraih dan memegang rahang bagian bawah. Pastikan anda memiliki kekuatan yang cukup dan berani untuk melakukan hal ini. 

a user uploaded image
 
Sumber :
wikihow.com

0 komentar:

Posting Komentar