Ikan Olympus Phonix dan Cara Pemeliharaannya

Kamis, 25 Oktober 2012


Olympus Phonix merupakan hasil persilangan antara spesien ikan, yaitu Paratheraps synspillum dengan Olympus. Ikan Olympus sendiri merupakan hasil persilangan antar spesies, yaitu antara Amphilopus citrinellum dengan Parachromis managuense.
Olympus Phonix memiliki warna yang sangat mengagumkan, ikan ini juga banyak memiliki kelebihan dibandingkan ikan hibrida lain. Karena coraknya yang sangat bervariasi, sehingga tampil menawan, relative tahan terhadap penyakit dan juga lebih mudah dalam perawatannya. Dengan kelebihan tersebut, ikan ini akan cepat mendapat perhatian dan menarik minat hobiis ikan hias air tawar untuk memeliharaannya.

Untuk pemeliharaan Olympus Phonix tidaklah sulit. Yang dibutuhkan adalah kasih sayang dan kesabaran, karena ikan Olympus Phonix perlu mendapatkan sentuhan pemeliharaan. Jika kita memeliharanya di akuarium, sebaiknya disesuaikan dengan jumlah ikan. Ukuran ideal akuarium yang dibutuhkan antara lain 60x30x40 cm, 80x40x45 cm, 100x40x50 cm, 150x50x50 cm, atau 200x50x50 cm.

Air untuk pemeliharaan di akuarium, bisa diambil dari sumur PDAM. Untuk menjaga kualitas air akuarium, air terlebih dahulu harus diendapkan dalam bak penampungan selama minimal 24 jam dan diberi aerator. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kandungan O2  dan memecah CO2, untuk mengurangi kandungan kaporit dalam air, kita bisa menggunakan natrium trisulfat.

Pakan ikan Olympus Phonix sebaiknya diberikan dua kali setip hari, dan pakan harus mengandung zat yang dibutuhkan oleh ikan Olympus Phonix, diantaranya adalah protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Untuk ikan Olympus Phonix dan ikan jenis lainnya, dikenal dua jenis pakan, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Untuk pakan alami, kita bisa memberikan jentik-jentik nyamuk, udang, cacing sutra, dan ikan kecil, sedangkan pakan buatan banyak diperoleh dipasaran penjual ikan hias. Pemberian pakan harus diselang-seling, agar perkembangan ikan Olympus Phonix menjadi lebih baik. Kebutuhan pakan disesuaikan dengan besar kecilnya postur ikan Olympus Phonix. Untuk ikan berwarna merah, bisa diberikan pakan tambahan yang mengandung zat warna, sedangkan untuk ikan yang berwarna pelangi, berikan pakan tambahan yang mengandung spirulina (ganggang hijau). 



0 komentar:

Posting Komentar