Bandara Kualanamu, Pintu Gerbang Wisata dan Ekonomi Sumut !

Selasa, 30 Oktober 2012


Kunjungan para wisatawan di Indonesia masih dominan di belahan Timur dan Tengah Indonesia, dimana Bali masih menjadi pusat destinasi wisata para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu ada Papua dengan Raja Ampat nya, NTT dengan pulau komodonya, Sulawesi dengan taman laut Bunaken-nya. Padahal, jika dilihat dari potensi wisata dan keindahan panorama alam yang disajikan, Sumatera merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat baik dan indah, khususnya Sumatera Utara. Ya, Sumatera Utara memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik, bahkan sudah sangat terkenal hingga keluar negeri.
Sebut saja Danau Toba, danau vulkanik yang sangat indah tersebut sejak dulu sudah banyak dikunjungi oleh para turis lokal maupun manca negara. Selain menyimpan keindahan panorama yang disajikan, masih banyak tempat wisata daerah yang sangat menakjubkan seperti batu gantung, air terjun Sipiso-piso. Selain itu, tempat wisata di Sumatera Utara yang juga ramai dikunjungi wisatawan adalah Taman Nasional Gunung Leuser di Langkat, dataran tinggi puncak Berastagi, serta suasana pantai di Pantai Cermin.

Semua tempat wisata di Sumatera Utara tersebut terbilang sangat komplit dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, namun yang menjadi kendala saat ini untuk mengundang minat para wisatawan lebih banyak lagi berkunjung ke Sumatera Utara adalah sarana dan prasarana yang kurang lengkap, ditambah lagi pengelolaan yang kurang baik sehingga banyak lokasi wisata yang sepertinya sudah minim pengunjung.

Sumber Penghasilan

Jika pariwisata di Sumatera Utara terkelola dengan baik serta ditunjang dengan akomodasi yang baik pula, bukan tidak mungkin bahwa Sumatera Utara kembali masuk menjadi destinasi wisata di Indonesia. Jelas saja hal ini akan membuat pariwisata Sumatera Utara kembali menggeliat, dan dampaknya juga akan dirasakan oleh masyarakat sekitar daerah wisata, dimana masyarakat akan mendapatkan keuntungan secara ekonomi dan lapangan pekerjaan, baik itu dengan membuka pusat penjualan kerajinan khas daerah, maupun lokasi wisata kulinernya. Memang sektor pariwisata sangat menjanjikan bagi kesejahteraan penduduknya, tetapi juga kemajuan pariwisata di Sumatera Utara akan menambah penghasilan daerah Sumatera Utara menjadi lebih meningkat. Hal inilah yang seharusnya digagas oleh pemprovsu guna memperbaiki kualitas pariwisata di Sumatera Utara.

Wisata di Sumatera Utara ini sangat lengkap, bahkan bisa mewakili seluruh destinasi wisata di Indonesia, mulai dari gunung, pantai, danau, air terjun, kuliner, bahkan masih banyak lagi wisata yang kita miliki dengan nilai lebih dari daerah lain. Namun karena pengelolaan wisata yang kurang baik, akhirnya Sumatera Utara jauh tertinggal dari daerah-daerah lain di Indonesia. Untuk itu sangat diharapkan keseriusan para pemerintah dalam membangun kembali citra pariwisata Sumatera Utara dimata nasional maupun internasional. Karena dengan pengelolaan yang baik, pariwisata Sumatera Utara sangat menguntungkan berbagai aspek, dan pariwisata Sumatera Utara bisa saja menjadi sumber penghasilan utama bagi masyarakat sekitar lokasi wisata.

Bandara Kualanamu, Sangat Membantu

Harapan baru akan kebangkitan potensi wisata Sumatera Utara kembali mencuat seiring akan selesainya Bandara Internasional Kuala Namu. Dimana banyak kalangan menggantungkan harapan bahwa Bandara Kualanamu menjadi pintu gerbang utama untuk meningkatkan aspek pariwisata Sumatera Utara. Memang, peresmian Bandara Kualanamu masih belum pasti kapan dilakukan, namun setidaknya warga Sumatera Utara sudah memiliki secercah harapan bagi kemajuan sektor pariwisata melalui bandara internasional tersebut.

Memang, yang menjadi kendala utama disamping pengelolaan yang kurang maksimal dalam perkembangan wisata Sumatera Utara adalah masalah akomodasi yang tidak baik, dengan arti hanya berpusat di kota Medan sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara. Artinya, seakan-akan Sumatera Utara hanya Kota Medan, dan untuk bepergian ke daerah wisata di Sumatera Utara, para wisatawan terkadang bingung untuk melaksanakan perjalanan kemana dan dengan menggunakan apa.

Namun, setelah beroperasinya Bandara Kualanamu nantinya, diharapkan para wisatawan lebih mudah lagi dalam mencapai destinasi wisatanya, hal ini juga didukung karena posisi Bandara Kualanamu sangat strategis dengan jalur transportasi menuju daerah wisata di Sumatera Utara, seperti jalan lintas Sumatera menuju Danau Toba dan sekitarnya, jalan lintas menuju kota Medan, Langkat, dan Tanah Karo yang memiliki objek wisata yang sangat menarik.

Dengan mengandalkan akomodasi yang baik dan diawali dari pembangunan Bandara Kualanamu, maka bisa dipastikan kunjungan para wisatawan ke Sumatera Utara akan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk itu, sudah selayaknya segenap unsur masyarakat beserta pemerintah Sumatera Utara bahu membahu dalam meningkatkan potensi wisata di Sumatera Utara karena saling menguntungkan, baik bagi daerah, negara, maupun masyarakat sendiri. ***

Penulis adalah Alumni UNIMED. Pemerhati Publik



Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar