Jerman Ingin Indonesia Maju di ASEAN

Kamis, 25 Oktober 2012


JAKARTA | ACEHKITA.COM – Menjelang berakhir masa tugasnya di Indonesia, Duta Besar Federal Jerman Norbert Baas, menggelar pertemuan dengan Ketua MPR, Taufik Kiemas, Selasa, 17 Juli 2012. Dalam pertemuan tersebut, dibahas kerjasama dua negara, yang meliputi ekonomi, budaya, dan peningkatan pendidikan tingkat universitas di dua negara.
Kepada wartawan, Kiemas mengatakan, betapa pentingnya Indonesia bagi Jerman. Hal itu terlihat dari kunjungan Kanselir Jerman, Angela Markel, Selasa, pekan lalu.
“Kanselir Jerman waktu itu cuma datang ke Indonesia saja, di tengah-tengah kesibukannya. Artinya betapa pentingnya Indonesia,” katanya, seusai menggelar pertemuan dengan Baas.
Taufik menjelaskan, Jerman mempererat hubungan dengan Indonesia, melalui kerjasama yang sama-sama menguntungkan kedua negara. Jerman, kata Taufik, mengharapkan Indonesia menjadi negara yang maju di tingkat ASEAN.
“Niat baik Pemerintah Jerman bisa diterima dengan baik, tanpa ada hambatan birokrasi. Mereka ingin Indonesia juga maju di ASEAN.”
Sementa Norbert Baas mengemukakan, Pemerintah Jerman tetap konsen dalam bekerjasama dengan Indonesia. Kerjasama yang dibangun, diantaranya, kerjasama di bidang ekonomi, budaya, dan peningakatan pendidikan tingkat universitas di dua negara.
“Tentu yang bisa saling menguntungkan bagi kedua negara,” ujarnya. Di akhir pertemuan, Baas mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, atas kerjasama selama ia bertugas di Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar