Google rayakan kelahiran "Little Nemo"

Jumat, 19 Oktober 2012


Jakarta (ANTARA News) - Little Nemo, karakter utama dalam fiksi karya kartunis Amerika, Winsor Zenic McCay, menghiasi halaman muka mesin pencari Google hari ini, tepat 107 tahun setelah komik strip itu pertama kali menghiasi halaman surat kabar di New York.
Komik strip mingguan yang semula disebut "Little Nemo in Slumberland" dan kemudian "In the Land of Wonderful Dreams" karya McCay mulai terbit di koran New York Herald (15 Oktober 1905 - 23 Juli 1911) dan New York American (3 September 1911- 26 Juli 1914), demikian menurut laman Wikipedia, Senin.

Komik itu bercerita tentang mimpi buruk seorang anak laki-laki bernama Nemo, nama yang artinya bukan siapa-siapa dalam bahasa Latin. 

Tujuan pada awal mimpinya adalah mencapai "Slumberland," dunia Raja Morpheus, yang menginginkan dia menjadi teman main anak perempuannya, Princess.

Setiap bagian cerita itu berakhir dengan Nemo yang terbangun, biasanya di atau tak jauh dari tempat tidurnya. 

Pada awal komik, Nemo selalu terbangun karena suatu kecelakaan atau bahaya yang bisa membuat dia terluka atau meninggal seperti tertindih jamur raksasa, atau diubah jadi kera, atau terjatuh dari jembatan, atau usianya bertambah jadi 90 tahun.

Selain Nemo, Raja Morpheus dan Princess, ada beberapa karakter lain dalam komik itu seperti Dr. Pill, The Imp, the Candy Kid dan Sinterklas.

Pencipta Little Nemo, McCay, adalah animator dan kartunis produktif yang mempelopori pembuatan film animasi dan memasang standar yang kemudian diikuti pembuat animasi seperti Walt Disney pada dekade selanjutnya. 

Karya seniman yang menurut tulisan pada nisannya terlahir pada 26 September 1869 dan wafat pada 26 Juli 1934 itu ikut mempengaruhi generasi seniman animasi dan komik selanjutnya.

Selain Little Nemo, McCay membuat cukup banyak film animasi dan komik strip, termasuk diantaranya "Gertie the Dinosaur" (1914), "Dream of the Rarebit Fiend" (1904-1913) serta"Little Sammy Sneeze" (1904-1906).


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar