Tips Membangun Kolam Impian

Kamis, 25 Oktober 2012


Jika kita ingin memiliki sebuah kolam ikan yang indah, didalam taman, langkah pertama yang harus diambil adalah memilih tempat yang tepat dan cocok untuk dibangun sebuah kolam ikan. Desain kolam itu sendiri bervariasi, tergantung selera diri kita dan bagaimana persepsi tentang kolam impian yang akan kita bangun. Tetapi sebelum para arsitek kolam membangun kolam impian kita, mereka juga harus memikirkan  tentang kebutuhan biologis ikan dan tanaman, yang nantinya menjadi penghuni kolam tersebut. Kebutuhan biologis ini, seharusnya menjadi per ioritas utama, sebelum kita membangun sebuah kolam yang indah, asri dan menakjubkan. Adapun kebutuhan biologis bagi ikan dan tanaman tersebut adalah:

Suplai Oksigen
Oksigen sangat esensial bagi perkembangan organisme yang ada di dalam kolam. Menggunakan alat udara dan penjernih air, seperti filter dan pompa air, bisa meningkatkan kadar oksigen dalam kolam. Selain itu, disarankan untuk menanam tanaman yang bisa menghasilkan oksigen, dari hasil fotosintesa, sepertiHornwort atau Canadian Pondweed.

Kualitas Air
Kualitas air yang bagus, juga peranan yang penting untuk sebuah impian yang indah. Secara biologis, air bersih dan bening penting bagi organism didalam kolam, juga bagi ikan dan tanaman. Air yang tidak bersih dan tercemar, akan menyebabkan penyakit pada ikan dan menganggu pertumbuhan tanaman. Kualitas air kolam yang baik, berpengaruh pada kesehatan ikan dan tumbuhan itu sendiri. Untuk bisa mendapatkan kualitas air kolam yang bagus, kita harus melakukan beberapa tindakan, diantaranya adalah pembenahan filter untuk kolam, mengontrol aerasi (udara) kolam, mengganti (menguras) air kolam dalam jangka waktu tertentu, mengurangi pemberian pakan berlebihan, mencegah polusi pada air kolam, dan juga melakukan pengontrolan secara rutin terhadap kolam.

Temperatur Air
Pada sat temperatur air kolam meningkat, akan menyebabkan ikan dan organism yang ada didalam kolam menjadi sangat enerjik, dan menyebabkan kebutuhan akan oksigen juga meningkat. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kita memberikan suplai oksigen lebih banyak kedalam kolam. Pada saat temperatur rendah, akan mengakibatkan stres pada ikan, yang bisa berakibat penyakit bahkan kematian. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan kedalaman minimum kolam kita. Untuk ikan koi, kedalaman minimum adalah 45 cm, dan untuk jenis ikan robusta kedalaman minimal yang dibutuhkan adalah 90 cm.


0 komentar:

Posting Komentar