Patung Dewa Murugan Tertinggi Kedua di Dunia Diresmikan 28 Oktober

Kamis, 25 Oktober 2012


Medan, (Analisa). Prosesi pensucian kuil atau disebut Maha Kumbhabishegam Arulmigu Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Langkat, Jumat (26/10) besok akan mulai dilaksanakan.
Serangkaian dengan prosesi penyucian kuil yang dibangun tahun 1824 itu, akan dilaksanakan peresmian Arca Dewa Murugan yang menjadi patung tertinggi nomor dua di dunia setelah Malaysia yang akan diresmikan, Minggu (28/10) dan menjadi puncak acara kegiatan.

Demikian disampaikan ketua panitia Narran Sami kepada wartawan di Medan, Selasa (23/10).

Narran Sami yang didampingi Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan, S Siwaji Raja Thevar ST dan pengurus lainnya mengatakan, Arca Dewa Shri Murugan dengan ketinggian 55 kaki atau lebih kurang 17 meter ini dibangun dengan dana pribadi dan merupakan niat dari orang tua Ketua PHDI Medan RK Sanggere Linggam Thevar.

"Semasa hidupnya RK Sanggere Linggam banyak mendapat petunjuk, bantuan dari Dewa Murugan ini," ungkap Siwaji Raja yang juga merupakan putranya.

Begitu juga dengan pembangunan Kuil Sri Raja Rajeswari Amman Kovil, jelas Raja merupakan niat dari orang tua terdahulu untuk membangun kuil agar umat dapat melaksanakan ibadah dengan baik.

Dijelaskan, pada kegiatan itu sejumlah penting akan hadir, seperti Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Plt Gubsu yang akan diwakili Sekdaprovsu Drs H Nurdin Lubis, Ketua DPRDSU H Saleh Bangun, Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu, Bupati Deli Serdang H Amri Tambunan, Walikota Binjai H Idaham, unsur Muspida dan undangan lainnya.

Dari tokoh Hindu akan hadir Direktur Agama Hindu Kementerian Agama, Ketua PHDI Pusat Mayjen (Purn) TNI SN Suwisma, Ketua WHDI Pusat, tokoh agama Hindu dari berbagai daerah dan undangan dari mancanegara, seperti Malaysia, Singapura dan India.

Dijelaskan, untuk kemudahan transportasi kepada umat Hindu maupun masyarakat yang berkenan hadir, maka panitia telah menyiapkan 10 unit bus dari Medan ke lokasi kegiatan yang jaraknya sekitar 35 km dari Medan.

Begitu juga untuk tamu yang berasal dari luar negeri, ungkap Raja, maka pihak panitia juga menyiapkan dua unit bus pariwisata. "Dengan demikian masyarakat bisa dengan mudah sampai ke lokasi. Panitia telah mempersiapkan segala sesuatunya," ungkap Raja.

Siwaji Raja mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat agar seluruh rangkaian dapat terlaksana dengan baik seperti diharapkan bersama.



Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar