Puluhan Tewas dalam Pertempuran di Kota Utama Suriah Utara

Jumat, 12 Oktober 2012


Beirut, (Analisa). Puluhan orang tewas dalam pertempuran antara tentara Suriah dan pemberontak di kota-kota utara strategis, kata pengawas pada Kamis (11/10) dan menambahkan bahwa pesawat-pesawat tempur mengebom daerah sabuk pemberontak di pusat kota Homs.
Pengamat hak asasi Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, sedikitnya 69 orang - 15 warga sipil, 21 tentara dan 33 pemberontak - tewas dalam bentrokan Rabu di utara provinsi Idlib, termasuk untuk menguasai Maaret al-Numan dan kota-kota lainnya di sepanjang jalan raya yang menghubungkan Damaskus ke ibu kota komersial Aleppo.

Pasukan rezim sejak Kamis pagi kembali melakukan penembakan terhadap Maaret al-Numan, yang ditangkap pada Selasa oleh pemberontak setelah pertempuran 48 jam dan menembakkan senjata-senjata berat, kata pengamat HAM yang bermarkas di Inggris itu.

Tentara Suriah telah mengirimkan bala bantuan untuk membantu merebut kota-kota itu sehingga jalur-jalur jalan dapat dikembalikan kepada Aleppo, yang sejak pertengahan Juli telah menjadi salah satu fokus utama dari perang saudara yang melanda Suriah.

Tetapi gerilyawan berusaha untuk menghentikan kemajuan penggunaan peluncur roket dan alat-alat peledak rakitan, kata sumber pemberontak.

Di provinsi tengah Homs, Kabupaten Qusayr dan kebupaten-kabupaten pemberontak di kota Homs diserang oleh tentara pada Kamis, kata Observatorium.

"Pasukan rezim menggunakan pesawat perang untuk membom Kabupaten Khaldiyeh, yang mereka telah coba masuki selama beberapa hari terakhir. Sekarang ada bentrokan di dekat permukiman," kata Observatorium


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar