Pengusaha Indonesia Berpeluang Akuisisi Perusahaan Asing

Rabu, 03 Oktober 2012

Jakarta, (Analisa). Krisis ekonomi yang berlangsung di sejumlah kawasan selain berpotensi menganggu perekonomian nasional, namun di sisi lain membuka peluang pengusaha Indonesia untuk mengakuisisi perusahaan asing karena investasi sangat dibutuhkan pada saat-saat seperti ini.
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Suryo Bambang Sulisto saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2012 di Jakarta, Selasa (2/10) mengatakan banyak aset-aset di Eropa maupun di kawasan Asia yang menarik untuk diakuisisi.

"Kami mengusulkan dibentuknya lembaga untuk mengelola, seperti Indonesia investor Fund, seperti di sejumlah negara, sehingga kita tidak menjadi penonton padahal sejumlah lembaga dari luar negeri sudah akuisisi sejumlah usaha kita," katanya.

Bambang mencontohkan, bisa saja Bulog dengan skema Indonesia Investor Fund mengakuisisi perkebunan kedelai di Brazil atau Pertamina mengakuisisi lapangan minyak di negara lain sehingga bisa mengembangkan usaha untuk kemajuan perekonomian nasional.

Ia mengharapkan pemerintah bisa mendukung hal ini dan kalangan usahawan dapat memanfaatkan peluang ekonomi yang ada saat ini.

Sementara itu menanggapi masukan dari Ketua Umum Kadin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka kegiatan itu, dalam sambutannya menyambut baik usulan Kadin dan meminta agar para menteri dapat membahas lebih lanjut berbagai masukan dari kalangan dunia usaha.

"Saya sudah mendengar berbagai masukan tersebut dan kepada para menteri untuk bisa membahasnya," kata Presiden.

Sementara itu untuk pengembangan kalangan usaha dan perekonomian nasional, Kadin, kata Bambang memberikan perhatian besar terhadap pengembangan pengusaha di daerah.

"Untuk atasi masalah maka Kadin memusatkan perhatian pembangunan daerah melalui penguatan dunia usaha di daerah," tegasnya.

Kadin meminta agar proyek-proyek di bawah Rp20 miliar dapat dikerjakan oleh kalangan pengusaha di daerah dan bila kesulitan maka pengusaha di daerah bisa bekerjasama dengan pengusaha nasional untuk selanjutnya dapat berkembang dan memiliki kekuatan sendiri di daerah.

Bambang berkeyakinan dengan pencapaian ekonomi nasional saat ini yang mendapat perhatian luas dari kalangan bisnis luar negeri maka prospek perdagangan dan kegiatan ekonomi nasional akan terus meningkat sehingga kondisi seperti ini bisa terus berlangsung di dalam negeri. 

Sumber : Analisa




0 komentar:

Posting Komentar