India Berhasil Gagalkan Rencana Serangan Teror di New Delhi

Jumat, 12 Oktober 2012


New Delhi, (Analisa). Pihak kepolisian India berhasil menggagalkan rencana serangan teror dengan menangkap tiga tersangka militan. Ketiga orang tadi diduga akan melakukan aksi itu di New Delhi selama musim perayaan Hindu yang akan dimulai akhir bulan ini, demikian dikatakan seorang pejabat polisi senior pada Kamis (11/10).
Mereka adalah anggota Mujahidin India, sebuah kelompok militan Islam, ujar Komisaris polisi Neeraj Kumar. Kelompok tadi memiliki hubungan dengan Lashkar-e-Taiba asal Pakistan, yang telah mengaku bertanggungjawab atas beberapa serangan teror sebelumnya di India.

Ketiga tersangka tadi ditangkap di New Delhi selama dua pekan terakhir, ucap Kumar kepada wartawan.

Menurutnya, mereka bertanggungjawab atas beberapa ledakan kecil di kota Pune, India barat pada Agustus yang menyebabkan satu orang cedera.

Sebuah kafe Pune yang sering dikunjungi warga asing menjadi sasaran pemboman 2010 yang menewaskan 17 orang.

Penangkapan ketiga tersangka tadi terjadi berkat pengusutan Syed Zabiuddin Ansari, seorang warga India yang diangggap sebagai pemain utama dalam serangan di Mumbai tahun 2008.

Ansari ditangkap di bandara New Delhi pada Juni setelah Arab Saudi sepakat menyerahkan dirinya kepada para pejabat India dan memulangkannya dengan pesawat.

Menurut penyelidik, Ansari terkait dengan Lashkar-e-Taiba dan diduga termasuk di antara pihak-pihak yang memberikan perintah kepada para penyerang Mumbai atau memerintahkannya melalui telepon seluler mereka dari ruang kontrol di Karachi, Pakistan selama serangan 26-28 Nopember 2008


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar