Puluhan Makanan Paling Bergizi di Dunia

Sabtu, 06 Oktober 2012


BANYAK ragam jenis bahan makanan dengan rasa juga beraneka ragam, ada yang sampai membuat ketagihan ada juga yang menimbulkan alergi. Tapi apakah Anda tahu kandungan gizi di balik sejumlah makanan itu?
Media Inggris Huffpost melakukan penyaringan terhadap makanan apa saja, yang dianggap bergizi tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh.

Mereka mengumpulkan pendapat para ahli gizi, ahli kesehatan hingga yang setiap hari berkecimpung di dunia makanan dan menemukan puluhan jenis makanan di dunia yang dianggap bergizi.

Mereka lalu memberikan ranking-ranking terhadap makanan itu. Berikut ini makanan-makanan yang dianggap paling menyehatkan.

Ranking 1, Stroberi

Buah merah manis ini rendah kalori dan kaya serat, serta banyak mengandung vitamin C ketimbang buah jeruk. Stroberi juga telah dikaitkan dengan penurunan daya pikir lebih lambat pada orang dewasa dan mengobati sakit maag.

Ranking 2, Blackberry

dan Raspberry

Berries yang rendah kalori dan merupakan sumber yang sangat baik dari serat, vitamin C, antioksidan dan fitokimia, dan, menurut beberapa penelitian menunjukkan mereka membantu dengan tantangan kesehatan divergen sebagai yang berkaitan dengan penurunan usia mental, penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan saluran kemih infeksi.

Ranking 3, kentang

Dalam bentuk murni, yaitu tidak digoreng, kentang benar-benar dapat membantu dalam diet sehat. Kaya akan karbohidrat kompleks, relatif rendah kalori, dan bebas dari lemak, kolesterol dan sodium, kaya akan vitamin C, B.

Studi awal 2011 studi menemukan bahwa kentang ungu dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah, bahkan mungkin sebanyak oatmeal.

Ranking 4, Ceri

Buah-buahan manis ini dikemas dengan vitamin A dan C, zat besi dan kalsium, dan merupakan makanan rendah kalori untuk tambahan. Sumber serat yang baik, dan memiliki hampir tidak ada natrium atau lemak.

Dikemas dengan antioksidan, studi tersebut menunjukkan makan ceri atau minum jus ceri dapat meningkatkan kesehatan jantung, berperan dalam manajemen nyeri, mendukung pemulihan dari latihan, dan bahkan membantu Anda tertidur lebih cepat.

Juga membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya produk dikenal sebagai radikal bebas, membuat tubuh biasanya ketika perubahan oksigen dan makanan menjadi energi.

Ranking 5, cairan/Air

Menonsumsinya setidaknya 91 ons untuk perempuan atau 125 ons untuk pria setiap hari membuat kulit halus dan memori yang tajam, melindungi sendi dan membantu menurunkan berat badan. "Air membantu tubuh mencerna makanan, menyerap nutrisi dari makanan dan kemudian menyingkirkan sampah yang tidak terpakai," menurut para ahli dari Penn Instutute on Aging.

Tidak harus berbentuk air minum, cairan bisa juga dari makanan yang banyak mengandung air seperti semangka dan mentimun.

Ranking 6, Jeruk

Jeruk merupakan sumber yang serat, folat, antioksidan, photochemicals dan, tentu saja, vitamin C, Dan, pada gilirannya, vitamin C sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh, penyembuhan luka dan sebagai bantuan dalam penyerapan zat besi.

Ranking 7. Telur

Telur memberikan protein yang sempurna dan kaya nutrisi, rendah kalori paket, rendah lemak.

Itu karena mereka penuh choline -- yang baik untuk memori -- serta visi pelindung lutein dan zeaxanthin, Telur memang mengandung kolesterol -- sekitar 212 miligram per telur besar.

Memiliki empat kuning telur seminggu tampaknya tidak berpengaruh dalam risiko penyakit jantung .

Ranking 8, Kacang almond

Almond adalah sumber yang kaya serat, protein lemak, jantung sehat, antioksidan dan vitamin dan mineral, membuat mereka makanan one-stop.

Sementara lemak tidak jenuh tunggal bekerja menurunkan kolesterol LDL, dosis yang signifikan vitamin E memberikan kekuatan antioksidan. Terlebih lagi, seperempat cangkir almond memiliki sekitar 100 miligram magnesium (sekitar 25 persen dari uang saku harian), yang mempromosikan kesehatan pembuluh darah dan jantung, dan 257 miligram potasium, yang membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Ranking 9, tomat

Penuh vitamin C dan rendah kalori, tomat dapat membantu melawan kanker. Nutrisi yang mudah larut dalam lemak, telah ditunjukkan membantu memerangi prostat, paru-paru dan kanker perut pada khususnya.

Ranking 10, apel

Merupakan sumber yang sangat baik dari pektin, serat larut yang dapat menurunkan kolesterol darah. Buah ini juga tinggi serat dan kulitnya mengandung sesuatu yang disebut asam ursolat, yang telah ditunjukkan dalam studi terbaru untuk menurunkan angka kejadian obesitas.

Studi tersebut menunjukkan bahwa wanita hamil yang makan apel sehari-hari mereka cenderung kecil kemungkinan melahirkan anak dengan asma.

Ranking 11, Bluberi

Penelitian itu menunjukkan bahwa blueberry memiliki manfaat kesehatan tertentu dan unik. Telah dikaitkan dengan menurunkan kolesterol, mengurangi risiko diabetes, memperlambat proses penuaan, meningkatkan keterampilan motorik dan mendukung kemih dan kesehatan visi.

Ranking 12, kacang pistasi

Kaya protein dan kadar serat, sumber yang baik dari nutrisi seperti vitamin B6, thiamin, tembaga dan fosfor, serta kalium. Pistachio juga peringkat tinggi untuk konten antioksidan, dan beberapa studi telah menghubungkan mereka untuk kesehatan jantung (termasuk penelitian baru baru ini diterbitkan dalam jurnal Hipertensi, menunjukkan bahwa kacang bisa mengurangi tekanan darah ketika berada di bawah stres).

Ranking 13, paprika

Paprika sarat dengan vitamin C, tapi tidak seperti sumber lainnya yang banyak gizi, paprika relatif rendah gula, sementara juga menyediakan serat dan antioksidan beberapa dari kelas karotenoid (alpha-carotene, beta-karoten, likopen, lutein, dan zeaxanthin cryptoxanthin). Karotenoid meningkatkan kesehatan mata,dan berkaitan dengan penurunan risiko kanker dan resiko yang lebih rendah dari kematian terkait jantung.

Dan setidaknya satu studi menemukan bahwa mereka dapat membuat Anda tampil lebih cantik.

Ranking 14, Minyak Zaitun

Baik untuk kesehatan jantung, mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang menurut para ahli di Penn Institute on Aging, memberi energi dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Memiliki manfaat kadar insulin dan kontrol gula darah, yang sangat membantu jika Anda memiliki diabetes tipe 2.

Ranking 15, coklat hitam

Mengandung zat flavonoid yang mampu melindungi jantung dari penyakit dengan menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol "baik" dan menurunkan kadar kolesterol ""jahat", membantu dengan aliran darah dan bahkan meningkatkan sensitivitas insulin.

Coklat adalah tinggi kalori dan lemak, sehingga suplemen flavonoid kakao mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk mendapatkan manfaat penuh dari coklat, bukannya makan beberapa bar sehari.

Ranking 16, Delima

Mengandung antioksidan untuk meningkatkan kesehatan jantung, sumber yang baik untuk serat, folat, vitamin C dan vitamin K. Menambahnya dalam sereal, menggunakan mereka salad, campuran jus atau koktail atau bahkan mencemilnya polos, akan sangat bermanfaat.

Ranking 17, brokoli

Brokoli tinggi serat, rendah kalori, kaya antioksidan vitamin C dan beta karoten kaya vitamin K, E, B dan mineral, kalsium, zat besi, selenium dan potasium.

Dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula dengan lutein dan zeaxanthin karotenoid, melindungi terhadap kanker, penyakit jantung, stroke, membangun tulang yang kuat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dapat membantu melawan kanker payudara. Bahkan, dalam sebuah penelitian baru-baru ini China, wanita yang mengkonsumsi sayuran silangan adalah 62 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena kanker payudara dan, jika mereka memiliki sejarah kanker payudara, dan 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kekambuhan.

Ranking 18, Ubi manis

Mengandung vitamin A dan beta karoten, yang efektif membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Juga merupakan sumber serat yang baik, folat, dan potasium dan bagus untuk kesehatan kulit.

Ranking 19, Alpukat

Dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang membantu orang merasa kenyang, alpukat juga merupakan sumber yang kaya vitamin C, E, kalium, dan lutein.

Dan menunjukkan ketika dipasangkan dengan salad, lemak tak jenuh tunggal membantu kita lebih baik menyerap karotenoid, lycopene dan beta-karoten - sebuah kelas penting dari antioksidan yang ditemukan dalam sayuran yang membantu melindungi terhadap segala sesuatu dari kanker, masalah kesehatan mata, penyakit jantung.

Penelitian awal juga menemukan bahwa buah bisa berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Ranking 20, Bit

Bit kaya betalains, seperti betanin dan vulgaxanthin, yang memberi mereka pigmen mereka dan juga memiliki anti-inflamasi dan antioksidan. Selain itu, bit mengandung sejumlah besar asam folat, vitamin C, B6, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng, niasin, riboflavin dan tiamin

Ranking 21, ikan salmon

Sumber protein yang besar dan terkonsentrasi omega 3. Mempromosikan kesehatan jantung, kesehatan otak, kulit lembut dan rambut berkilau.

Ranking 22, bayam

Kaya akan antioksi dan lutein dan zeaxanthin, yang menjaga penglihatan yang tajam. Ini juga penuh dengan vitamin A dan kalsium yang serius, yaitu 245 miligram hampir sebanyak segelas susu.

Bayam segar juga mengandung 3,2 miligram zat besi -- lebih dari daging sapi. Namun harus diingat bahwa ini tidak mudah diserap sehingga konsumsi juga beberapa makanan yang kaya vitamin-C untuk membuat mereka lebih mudah diserap.

Ranking 23, Cranberries

Buah merah kecil ini sebenarnya merupakan pencegah infeksi saluran kemih yang kuat, karena itu mampu menghentikan bakteri yang menempel ke dinding saluran kemih, menurut University of Maryland Medical Center.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa cranberry memiliki banyak antioksidan dan bahkan mungkin dapat menurunkan jumlah plak gigi dalam mulut kita (yang merupakan faktor risiko untuk penyakit gusi, menurut Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Pengobatan Alternatif).

Namun, penting untuk diingat bahwa jus yang terbuat dari cranberry sering mengandung gula yang tinggi.

Ranking 24, kopi

Memiliki kemampuan untuk melindungi terhadap gagal jantung, lebih rendah risiko depresi, risiko lebih rendah terhadap beberapa kanker, melindungi terhadap diabetes dan mungkin membantu Anda hidup lebih lama. Kopi tinggi antioksidan, yang sangat bagus untuk kesehatan otak.

Ranking 25, oatmeal

Ini sarapan yang akan serat yang mudah larut, juga terbukti menurunkan kolesterol. Oat merupakan tambahan sumber padat vitamin B1, B2, dan E, dan mineral seng dan zat besi. 



Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar