Kebun Binatang China Adakan "Acara Perkawinan" Domba Jantan dan Rusa Betina pada Hari Valentine

Senin, 01 Oktober 2012


SEBUAH taman marga satwa mengadakan suatu "hajatan perkawinan" pada Hari Valentine. Tapi acara itu bukan untuk petugas kebun binatang tadi melainkan untuk pasangan hewan beda jenis.
Kantor berita resmi China Xinhua melaporkan Senin, kebun binatang itu mengadakan acara perkawinan untuk seekor domba jantan dan rusa betina, yang hubungan asmara uniknya telah jadi perhatian publik.

Pengunjung telah membanjiri taman satwa liar di propinsi Yunnan, China baratdaya, untuk melihat domba yang bernama Changmao (rambut panjang) dan rusa bernama Chunzi (murni), setelah para petugas kebun binatang membeberkan lewat online bahwa pasangan tadi telah mulai kawin.

Menurut petugas di kebun binatang tadi kedua hewan berlainan jenis itu saling jatuh cinta. Domba jantan dan rusa betina itu tampak saling bergelayutan manja satu sama lain.

"Kami pada awalnya berada dalam dilema yang besar terkait keputusan apakah akan memisahkan mereka atau tidak. Namun sikap mesra mereka telah menarik simpati banyak orang," papar manajer kebun binatang Yunnan Li Li belum lama ini.

Dan kemesraan itu pula mendorong pihak kebun binatang merencanakan "perkawinan" mereka. Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang (ala Barat) jadikan hari perkawinan pasangan domba-rusa tadi.

Taman satwaliar tersebut menerbitkan 500 lembar karcis khusus, seharga 66 yuan (10 dolar/lembar) untuk masyarakat yang ingin menyaksikan acara "perkawinan" itu, lapor kantor berita China News Service.

Tapi pakar-pakar memperingatkan agar tidak melekatkan kualitas manusia pada binatang.

"Membiarkan mereka merupakan pilihan terbaik," ungkap Xinhua yang mengutip keterangan ahli biologis Wang Dajun.

Sebelumnya, kedua binatang tersebut sempat dipisahkan tahun lalu. Namun domba jantan Changmao itu mengamuk di kandangnya hingga akhirnya petugas menyatukan mereka kembali. (afp/ozc-bh)

0 komentar:

Posting Komentar