Ballack Gantung Sepatu

Rabu, 03 Oktober 2012

Berlin, (Analisa). Salah satu gelandang terbaik pernah dimiliki Jerman, Michael Ballack, mengumumkan pensiun dari dunia sepakbola usai tak mendapat klub pasca dilepas Bayer Leverkusen di akhir musim lalu.

Ballack sempat dikabarkan melakukan negosiasi dengan klub-klub di MLS dan Liga Australia. Namun, faktanya ia memilih untuk gantung sepatu.

"Di usia 36 tahun saya bisa melihat ke belakang pada sebuah waktu yang panjang dan indah dalam sepakbola profesional. Saat masih kanak-kanak saya tidak membayangkan bisa memiliki karier seperti ini," bunyi statemen Ballack yang dikutip Sky Sports.

"Sebuah hal yang istimewa bekerja dengan pelatih-pelatih kelas dunia dan rekan-rekan setim yang fantastis. Tentu saja saya akan merindukan berlari di depan 80 ribu penonton atau mencetak gol. Dalam beberapa bulan terakhir tanpa bermain sepakbola menunjukkan kepada saya bahwa waktunya telah tiba."

"Sekarang saya menantikan sebuah bab baru dalam kehidupan saya dan ingin berterima kasih kepada seluruh keluarga saya dan orang-orang yang telah mendukung saya, mendorong saya dan menemani saya. Mereka telah membuat kontribusi besar terhadap sukses saya."

Ballack sudah mendapat 98 caps dan menyumbangkan 42 gol untuk Jerman dan pernah menjabat sebagai kapten. Ia sudah berlaga di Piala Eropa 2000, 2004, 2008 dan Piala Dunia 2002, 2006.

Ballack gagal tampil di Piala Dunia edisi terakhir di Afrika Selatan akibat mengalami cedera saat membela Chelsea di final FA 2010.

Sementara itu di level klub, Ballack pernah berkarier di Kaiserlautern, Bayer Leverkusen, Bayern Munich dan Chelsea. Secara keseluruhan ia telah meraih 14 gelar juara termasuk empat titel juara Bundesliga, tiga Piala Jerman, tiga Piala FA dan satu gelar Premier League.

Selama nyaris dua dekade kariernya, sederet penghargaan individu diperolehnya termasuk tiga kali terpilih sebagai pemain terbaik Jerman. Ballack juga mendapat reputasi sebagai salah satu gelandang tengah terbaik di generasinya. (dtc)

Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar