Porter di Bandara Polonia Diberdayakan Jadi Guide

Jumat, 19 Oktober 2012


Medan, (Analisa), Keberadaan Porter di Bandara Polonia memiliki nilai strategis, karena menyangkut pelayanan kebandarudaraan yang berhubungan langsung dengan citra dan kelas Bandara Polonia sekaligus citra masyarakat Sumatera Utara.
 "Untuk itu, PT Yakari Bangun Jagad Sentosa (YBJS) yang baru saja dipercayakan mengelola Porter di Bandara Polonia, akan memaksimalkan segala upaya terutama dalam bidang pembinaan sumber daya manusia untuk mempertahankan citra Bandara Polonia agar tetap baik di mata pengguna jasa bandara di tingkat nasional maupun internasional," ujar Direktur Yakari Bangun Jagad Sentosa HM Rusdy SH di Bandara Polonia, Kamis (18/10).

Menurut Rusdy, selain akan diberdayakan sebagai guide, para porter juga akan mendapat Pelatihan Keselamatan Penerbangan.

Jadi, instrukturnya akan didatangkan dari para dosen di Medan serta jajaran Angkasa Pura (AP) II.

"Memang itu untuk jangka panjang, yang pasti para porter akan diberdayakan membantu meningkatkan pariwisata Sumatera Utara. Seperti mempromosikan sejumlah objek-objek wisata di Sumut kepada wisatawan mancanegara," papar Rusdy.

Di samping itu, katanya, mereka juga diberdayakan memberikan bantuan kepada calon penumpang yang akan melakukan proses check in. Sehingga, para calon penumpang yang akan bepergian melalui Bandara Polonia merasa terbantu dan diperhatikan.

Dia menambahkan, terpilihnya YBJS untuk mengelola porter di Bandara Polonia sesuai dengan pengumuman PT AP II Bandara Polonia Medan setelah proses seleksi yang dilakukan secara fair sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sesuai dengan perjanjian kerjasama yang ditandatangani kedua belah pihak, YBJS akan beroperasi pada Sabtu (20/10) besok. "Untuk itu kita memohon doa restu semua pihak agar dapat menjalankan tugas yang dipercayakan tersebut dengan baik.

Mengingat Bandara Polonia merupakan Bandara Internasional yang harus dipertahankan statusnya sebagai salah satu bandara yang membawa nama baik bangsa Indonesia. Khususnya masyarakat Sumatera Utara.

Terkait, petugas porter yang berjumlah kurang lebih 245 porter yang beroperasi di Terminal Keberangkatan dan Kedatangan Internasional serta Terminal Keberangkatan dan Kedatangan Dalam Negeri, Rusdy menegaskan, bahwa porter-porter tersebut akan tetap dipekerjakan sebagaimana biasanya.

Namun, katanya, para porter tersebut harus mendaftar terlebih dahulu di YBJS yang beralamat di Jalan Sei Batu Rata 14 Medan atau di Komplek Kargo Gudang 3 kawasan Bandara Polonia.

"Sampai saat ini porter yang sudah mendaftar sebanyak 165 orang. Untuk itu, bagi para porter yang belum mendaftar segera mendaftarkan dirinya segera.

Pendaftaran tersebut tidak dipungut biaya," tegas Rusdy.


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar