Spanyol Berjaya Messi Banjir Pujian

Rabu, 09 Januari 2013


Madrid, (Analisa). Spanyol bermandikan kejayaan pada Selasa setelah bintang Barcelona Lionel Messi memenangi Ballon d’Or yakni penghargaan pemain terbaik dunia untuk keempat kalinya, sehingga ia layak menjadi salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa.
Pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque juga mendapatkan penghargaan, atas keberhasilannya di Piala Eropa 2012, menyusul kesuksesan di Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008, sehingga gelar-gelar prestisius disapu bersih oleh orang Spanyol dan pemain yang berlaga di Liga Spanyol.

Namun pemain Argentina 25 tahun itulah yang tersenyum mencuri perhatian, dengan foto-foto dirinya memegang penghargaan FIFA di Zurich dengan berpakaian kemeja hitam bintik-bintik putih dan dasi kupu-kupu, yang menguasai halaman-halaman depan sejumlah surat kabar.

"Spanyol!!!" demikian tulisan yang terdapat di halaman depan harian Marca yang berbasis di Madrid, harian olahraga terbesar dan merupakan favorit bagi para penggemar Real.

"Messi yang unik, tidak dapat disaingi," demikian kata surat kabar itu setelah sang penyerang mencetak 91 gol pada 2012 di semua kompetisi, memecahkan rekor 85 gol yang ditorehkan legenda Jerman Gerd Mueller dan sempat bertahan selama 85 tahun.

"Kemarin Leo Messi dimahkotai sebagai pemain terbaik dalam sejarah," tulis Marca. "Sampai saat ini tidak seorang pun pernah memenangi empat Ballon d’Or secara berturut-turut. Leo melakukannya, dan (ia melakukannya) secara berturut-turut."

Harian olahraga yang menjadi rival mereka, AS, juga memberi pujian pada Messi. "Sejak kami mengenal dia, setiap tahun ia bermain semakin baik, setiap tahun ia mencetak lebih banyak gol," tulis kolumnis harian itu Alfredo Relano. "Saya tidak pernah melihat pemain dengan kekuatan seperti itu. Ia kurang estetis namun ia memiliki banyak hal lain," ucapnya, memprediksi bahwa mungkin ini bukan merupakan Ballon d’Or terakhir bagi Messi.

"Messi emas," demikian tulisan halaman depan Mundo Deportivo yang berbasis di Barcelona, sambil menambahkan, "Leo Messi adalah yang terhebat. Besar. Unik."

Vilanova

Ketika ia sampai di bandara Barcelona, Messi mengatakan kepada para pewarta bahwa ia telah melupakan banyak orang dalam pidatonya, namun ia ingin menyebut pelatih Barca Tito Vilanova, yang sedang berjuang melawan kanker kelenjar air liur, dan bek Eric Abidal.

"Ketika keadaan sudah tenang saya mengingat Tito dan Abidal, dan semua orang, tentu saja," kata Messi, meminta maaf terhadap orang-orang yang lupa ia sebutkan.

Messi merupakan salah satu dari tiga pemain yang bermain di Liga Prancis pada daftar kandidat akhir peraih penghargaan pesepak bola terbaik dunia. Dua pemain lain adalah rekan setimnya di Barca Andres Iniesta dan penyerang rival Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.

Sebagai tambahan, enam kandidat yang berada di daftar peringkat yang dipuncaki Messi, merupakan pemain-pemain dari klub Liga Spanyol.

Presiden Barcelona Sandro Rosell mengatakan dirinya "sangat bangga terhadap para pemain kami dan untuk Barcelona," demikian ditulis melalui akun Twitternya.

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol, Angel Villar, mengatakan penghargaan kepada Del Bosque merupakan "hadiah baru bagi sepak bola Spanyol yang telah melalui tahun-tahun yang sangat hebat."

Di luar dunia sepak bola, juara tenis Spanyol Rafael Nadal menulis pesan Twitter, yang memberi ucapan selamat pada Messi dan Del Bosque.

"Selamat kepada Leo Messi untuk bola emasnya," tulisnya. "Itu sulit (diraih) dengan dua pemain lain seperti Iniesta dan Cristiano." (Ant/Afp)

 

Data dan Fakta Messi 

Zurich, (Analisa)

Berikut ini data dan fakta Lionel Messi setelah menerima penghargaan sebagai pemain terbaik "Ballon D’Or" di Zurich, Senin malam waktu setempat. 

Lionel Messi (Argentina)

Tanggallahir: 24 Juni 1987 - usia 25 tahun

Tempat lahir: Rosario, Argentina

Tinggi: 1.69m (5ft 7in)

Klub: Barcelona (Spanyol) 

Pencapaian: Tiga Liga Champions, lima gelar juara liga Spanyol, dua Piala Spanyol, dua Piala Super, dua Piala Klub Dunia, emas Olimpiade (2008), Piala Dunia U-20 (2005).

Penghargaan pribadi: Empat penghargaan Ballon D’Or (2009-12), pencetak gol terbanyak La Liga 2009-2010 (34 gol) dan 2011-2012 (50 gol)

Empat kali pencetak gol terbanyak Liga Champions (2008-2009: 9 gol; 2009-2010: 8 gol; 2010-2011: 12 gol, 2011-2012: 14 gol)

Rekor gol kampanye Liga Champions (14 pada 2011-2012)

"Rekor" pencetak gol dalam kalender setahun: 91 (2012) - kendati belum diakui FIFA karena ada statistik lebih banyak daripemain lain pada era sebelumnya.

Pemain terbaik Olimpiade 2008

Pemain terbaik dunia turnamen U-20 (2005)

Pencetak gol terbanyak dunia U-20 turnamen (2005), 6 gol

Main internasional (cap): 75 (31 gol). (Ant/Afp)


Daftar Peraih Penghargaan "Ballon d’Or"

Zurich, (Analisa)

Para peraih penghargaan sebagai yang terbaik dalam laga sepak bola pada 2012 pada acara yang diselenggarakan FIFA di markan besar mereka, Selasa (8/1) dinihari WIB. 

Ballon d’Or:

1. Lionel Messi (Argentina)

2. Cristiano Ronaldo (Portugal)

3. Andrés Iniesta (Spanyol)


Pelatih:

1. Vicente Del Bosque (Spanyol)

2. Jose Mourinho (Portugal)

3. Pep Guardiola (Spanyol)


Tim:

Iker Casillas (Spanyol) - Dani Alves (Brazil), Gerard Pique (Spanyol), Sergio Ramos (Spanyol), Marcelo (Brazil) - Xabi Alonso (Spanyol), Xavi Hernandez (Spanyol), Andres Iniesta 

(Spanyol) - Lionel Messi (Argentina), Radamel Falcao (Kolumbia), Cristiano Ronaldo (Portugal)


Gol terbaik:

1. Miroslav Stoch (Slowakia) 

2. Falcao (Kolumbia)

3. Neymar (Brazil)


Fairplay: Uzbekistan Football Federation (UFF)


FIFA president award: Franz Beckenbauer (Jerman)


Pemain puteri 

1. Abby Wambach (AS)

2. Marta (Brazil)

3. Alex Morgan (AS)

 

Pelatih tim puteri: Pia Sundhage (AS/Swedia). 


Sumber : Analisa

0 komentar:

Posting Komentar